ANALISA RESPON GETARAN TRANSVERSAL BOILER FEED PUMP PADA KONDISI BEBAN MAKSIMUM DAN BEBANSEBAGIAN FEEDWATER SYSTEM PADA PLTU PAITON BARU

WIJAYANTO, YOGO (2016) ANALISA RESPON GETARAN TRANSVERSAL BOILER FEED PUMP PADA KONDISI BEBAN MAKSIMUM DAN BEBANSEBAGIAN FEEDWATER SYSTEM PADA PLTU PAITON BARU. In: Seminar Nasional Getaran Akustik 2014.

[img]
Preview
Text
2112204802-paperpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2112204802-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Boiler Feed Pump Motor merupakan salah satu peralatan utama dalam feedwater system pada PLTU Paiton Baru yang digunakan untuk mensuplai feedwater ke boiler dan mensirkulasikan feedwater ke deaerator saat fase start up dilakukan, dan dioperasikan hingga beban unit mencapai 30% (190MW). Kondisi operasi ini menunjukkan bahwa boiler feed pump motor ini sering dioperasikan pada kondisi off design. Kondisi operasi off design ini terjadi ketika pompa mensirkulasikan feedwater ke deaerator dengan flowrate rendah (kurang dari 60% flowrate total). Informasi dilapangan menunjukkan bahwa pengoperasian pada beban rendah ini menimbulkan noise yang lebih tinggi dibanding saat beban penuh. Penelitian ini dilakukan dengan membuat model dinamis pompa dalam 6 derajat kebebasan. Peralatan yang dimodelkan meliputi multistage pump, variable speed coupling, dan booster pump. Gaya eksitasi yang bekerja berasal dari gaya dinamis radial akibat tekanan pada pompa. Simulasi dilakukan dengan menggunakan software simulink untuk mengetahui respon getaran dalam arah tranversal. Dari hasil eksperimen dan simulasi menunjukkan bahwa respon getaran boiler feed pump lebih tinggi pada beban maksimum dibanding pada beban parsial hal ini disebabkan oleh hydraulic unbalance force yang lebih besar pada beban maksimum, namun sebaliknya respon getaran booster pump pada beban parsial lebih tinggi dibanding beban maksimum hal ini disebabkan gaya dinamis booster pump akibat blade pass force yang lebih besar pada beban parsial. Secara umum gaya dinamis akibat blade pass force pada booster pump lebih besar dibanding gaya dinamis akibat hydraulic unbalance force pada boiler feed pump sehingga respon getaran pada booster pump lebih besar dibanding boiler feed pump. Pada sisi vertikal respon getaran menunjukkan nilai yang lebih besar dibanding sisi horizontal, hal ini disebabkan oleh adanya faktor koreksi gaya dinamis yang lebih besar 20% lebih besar pada sisi vertikalnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Boiler feed pump, booster pump, off design, simulasi, respon getaran, hydraulic unbalance, blade pass force.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Jun 2016 18:45
Last Modified: 27 Dec 2018 08:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item