Analisis Penentuan Tarif Dana Preservasi Bagi Pengguna Jalan Kendaraan Truk Bermuatan Berat (Studi Kasus Ruas Jalan Lingkar Utara Kota Probolinggo)

Aditama, Beny Candra (2017) Analisis Penentuan Tarif Dana Preservasi Bagi Pengguna Jalan Kendaraan Truk Bermuatan Berat (Studi Kasus Ruas Jalan Lingkar Utara Kota Probolinggo). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
3114207808-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Probolinggo memiliki potensi pelabuhan Tanjung Tembaga. Ruas jalan lingkar utara kota Probolinggo merupakan rute yang dilewati truk kendaraan berat menuju ke pelabuhan Tanjung Tembaga. Dengan mobilitas di kawasan pelabuhan tersebut diperlukan jalan yang mendukung untuk dilewati kendaraan berat. Fungsi jalan lingkar utara kota Probolinggo sebagai akses untuk kendaraan berat memerlukan pemeliharaan yang dilakukan secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan besarnya tarif dana preservasi bagi pengguna jalan kendaraan truk dengan 8 golongan konfigurasi sumbu dan berat kendaraan sesuai dengan Manual desain Perkerasan Jalan Nomor :02/M/BM/2013 yang mengakibatkan kerusakan dan penurunan umur rencana jalan. Adapun jalan yang ditinjau adalah ruas jalan lingkar utara Kota Probolinggo (Km 0 +000 – 3 +870). Dari hasil penelitian, dengan asumsi biaya perbaikan kerusakan jalan yang dibebankan kepada pengguna jalan adalah 60 % dari biaya faktor kerusakan. Berdasarkan penelitian Sepang dan Mouradhy (1995) dan Waluyo (1999) telah merekomendasikan sekitar 60 % kerusakan struktural disebabkan oleh beban muatan. Referensi di atas digunakan karena daerah geografis dan karakteristik beban lalu lintas yang relatif sama dengan daerah penelitian. Maka dana preservasi masing-masing sumbu kendaraan selama umur rencana 10 tahun adalah mobil penumpang rata-rata Rp. 243,-; pick up Rp. 9.377,-; truk kecil Rp. 12.450,-; bus kecil Rp. 9.336,-; bus besar Rp. 20.109.-; truk 6 roda Rp. 32.574,-; truk 10 roda Rp 26.642,-; truk gandeng Rp. 40.413,-. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No. 04 Tahun 2012. Golongan I Rp. 10.000,-; Golongan II Rp. 20.000,-; Golongan III Rp. 30.000,-; Golongan IV 40.000,-. Dengan pembebanan dana preservasi diatas, maka untuk memenuhi kebutuhan biaya konstruksi dan pemeliharaan selama umur rencana 10 tahun, pemerintah Kota Probolinggo bisa diperkirakan surplus Rp.164.746.226.159,-. Kelebihan dana ini disebabkan karena besarnya tingkat kendaraan yang melewati ruas jalan Lingkar Utara Kota Probolinggo dan besarnya pelanggaran kelebihan muatan yang terjadi berdasarkan data dari jembatan timbang Sedarum. ======================================================================================= Probolinggo City has the potential port of Tanjung Tembaga. Segment ring road north of the city of Probolinggo a truck route that bypassed heavy vehicles heading to the port of Tanjung Tembaga. With the mobility required in the port area roads supporting heavy vehicles to pass. The function of the ring road north of the city of Probolinggo as access for heavy vehicles require maintenance that is performed routinely. The purpose of this study was to determine the magnitude of rate preservation funds for road users trucks with 8-axis configuration type and weight of vehicles according to Road Pavement Design Manual No. 02 / M / BM / 2013, which resulted in damage and decrease the life of the plan. As for the road to be reviewed is the northern ring road Kota Probolinggo (Km 0 +000 - 3+870) From the result, assuming the cost of repairing damage to roads which are charged to road users is 60% of the cost of the damage factor. Based on research Mouradhy and Sepang (1995) and Waluyo (1999) has recommended approximately 60% of structural damage caused by the payload. The above references are used for the geographical area and the characteristics of the traffic load is relatively the same as the area of research. Then the preservation fund each axis of the vehicle during the design life of 10 years is the average passenger car Rp. 243, -; pick up Rp. 9377, -; small truck Rp. 12 450, -; small bus Rp. 9336, -; big bus Rp. 20.109.-; 6 wheel truck Rp. 32 574, -; 10 wheel truck USD 26 642, -; a trailer Rp. 40,413, -. Based on the East Java Provincial Regulation No. 04, 2012. The Class I Rp. 10.000, -; Class II Rp. 20.000, -; Class III Rp. 30.000, -; Class IV 40.000, -. By loading funds preservation of the above, it is to meet the needs of construction and maintenance costs over the life of 10-year plan, the government of Probolinggo could be expected surplus Rp.164.746.226.159,-. Excess funds is due to the level of a vehicle passing through the North Ring road Probolinggo City and magnitude of overloading violations that occur based on data from weighbridge Sedarum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tarif preservasi; kendaraan berat; jalan lingkar; kerusakan jalan; kota Probolinggo; preservation rates; heavy vehicles; the ring road; road damage.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: BENY CANDRA ADITAMA
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:10
Last Modified: 06 Apr 2017 07:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3290

Available Versions of this Item

  • Analisis Penentuan Tarif Dana Preservasi Bagi Pengguna Jalan Kendaraan Truk Bermuatan Berat (Studi Kasus Ruas Jalan Lingkar Utara Kota Probolinggo). (deposited 06 Apr 2017 07:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item