ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR BARAT GRESIK

VIKANNANDA, I MADE (2017) ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR BARAT GRESIK. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113100125-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Gresik sebagai kabupaten yang didominasi dengan kegiatan industri, perdagangan dan jasa, serta pusat pemerintahan mengakibatkan meningkatnya kebutuhan sarana perhubungan yang dapat memfasilitasi masyarakat kabupaten Gresik dalam berkendara. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Gresik berencana membangun prasarana transportasi jalan lingkar (ring road) guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari sistem transportasi yang ada di Kabupaten Gresik yang memiliki tiga alternatif trase jalan dalam perencanaanya. Pembangunan Jalan Lingkar ini akan menjadi jalan alternatif untuk menghubungkan Desa Prambangan menuju Desa Banjarsari. Dengan adanya, pembangunan jalan lingkar ini harapannya dapat menghemat Biaya Operasi Kendaraan (BOK) dan juga nilai waktu yang dikeluarkan akibat berkendara. Untuk itu dibutuhkan suatu kajian mengenai kelayakan ekonomi pembangunan Jalan Lingkar Barat Gresik ini apakah layak atau tidak untuk dibangun. Metodologi dalam penelitian tugas akhir ini dimulai dengan menganalisis kondisi karakteristik jalan eksisting dengan memninjau nilai derajat kejenuhan (Dj) lalu dilanjutkan dengan analisis multi kriteria untuk menentukan trase jalan terpilih. Analisis kelayakan ekonomi ditinjau berdasarkan penghematan BOK dan Time Value dari pengendara menggunakan metode jasa marga dan Nd Lea. Dari hasil penelitian didapatkan desain trase terpilih adalah Alternatif 3. Penghematan BOK didapatkan sebesar Rp 67.063.004.793,- dan penghematan nilai waktu (time value) sebesar Rp 77.178.768.306,- . Sehingga didapat hasil nilai BCR = 3.26 > 1 dan nilai NPV = Rp 431,825,634,817.22 > 0. Berdasarkan nilai BCR >1 dan NPV > 0, maka dapat disimpulkan pembangunan Jalan Lingkar Barat Gresik layak untuk dibangun. ======================================================================================================================== Gresik as a regency dominated by industrial activity, trade and services, also center of government resulted in an increased need for transportation facilities to facilitate civilian in driving. Therefore, the government plans to build a ring road due to improve effectiveness dan efficiency of transportation system in Gresik Regency. There are 3 plans design of horizontal alignment made by Gresik government. The ring road will be an alternative way to connect Prambangan village and Banjarsari village. Therefore, this construction be expected to reduce the user cost and time value that spent for driving. That requires to study about feasibility of ring road construction, the analysis will be reviewing by saving of user cost and time value. On this final project, the result obtained the chosen of horizontal alignment is Alternative 3. On the economic analysis , Saving of user cost obtained Rp 67.063.004.793,- and for the saving time value obtained Rp 77.178.768.306.- with the result that BCR is on the value of 3.26 >1 and NPV on the value of Rp 431,825,634,817.22 > 0. So it concluded that the construction of Gresik west ring road is feasible.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan Lingkar Barat Gresik , Kelayakan Ekonomi, Nilai Waktu , BOK
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: I MADE VIKANNANDA
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:45
Last Modified: 08 Mar 2019 03:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item