Identifikasi Parameter Model Matematika Pada Penggerak Prototype Panel Surya

Prandita, Sega Bagus (2017) Identifikasi Parameter Model Matematika Pada Penggerak Prototype Panel Surya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1212100014-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Panel Surya dapat melakukan konversi energi yang optimal ketika posisi panel surya berada tegak lurus terhadap matahari, sehingga perlu adanya sebuah inovasi yaitu solar tracker. Solar tracker membutuhkan penggerak agar panel surya dapat menjejak matahari. Tugas akhir ini meneliti penggerak sebuah prototype panel surya yaitu motor DC. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi nilai parameter pada model matematika motor DC. Identifikasi dilakukan pada parameter tahanan kumparan jangkar (R_a), induktansi kumparan jangkar (L_a), konstanta emf balik (K_b), konstanta torsi (K_m), momen inersia rotor (J), dan koefisien gesekan viskos (B). Selanjutnya, simulasi dilakukan pada model matematika motor DC dengan parameter hasil identifikasi. Simulasi dilakukan sebanyak 4 kali dengan kombinasi pada konstanta emf balik dan konstanta torsi. Hasil simulasi sistem berupa kecepatan sudut dibandingkan dengan kecepatan sudut hasil eksperimen secara langsung. Hasil perbandingan menunjukan bahwa pada simulasi ketiga memiliki nilai terbaik dengan tingkat kepercayaan pada absolute average relative deviation sebesar 97,317587123 % ===================================================================================== Solar panel can optimally convert energy when its position is upright to the sun, thus the innovation of solar tracker is much needed. Solar tracker needs a motor so that the solar tracker is able to track the sun. This research studies a motor of solar panel prototype called motor DC. This research identify parameter value of motor DC mathematic model. Identification is performed on resistance 〖(R〗_a), inductance (L_a), back emf constant (K_b), torque constant (K_m), rotor inertia (J), coefficient of viscous friction (B). Furthemore, simulation is applied to motor DC mathematic model with the identified parameter. Simulation is repeated 4 times with combinations of back emf constant and torque constant. Result of the simulation system is angular velocity. Then, angular velocity from simulation compared to the result of angular velocity from the experiment. Comparison indicates that the third simulation shows the best value with the confidence level of absolute average relative deviation of 97,317587123%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Solar Tracker; Model Matematika Motor DC; Absolute Average Relative Deviation
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: SEGA BAGUS PRANDITA
Date Deposited: 12 Apr 2017 07:48
Last Modified: 08 Mar 2019 06:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item