Analisis Kinerja Traksi Dan Redesign Rasio Transmisi Pada Panser ANOA APC 3 6x6

Prasetya, Muhamad Johan Putra (2017) Analisis Kinerja Traksi Dan Redesign Rasio Transmisi Pada Panser ANOA APC 3 6x6. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111100176-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perindustrian di bidang kendaraan militer saat ini sudah sangat maju.PT.PINDAD sebagai produsen utama alat alat kemiliteran untuk Indonesia harus mempunyai kemampuan untuk memproduksi alat militer yang canggih agar tidak ketinggalan oleh negara lain di bidang kemiliteran. Panser buatan russia yang mampu melalui tanjakan dengan sudut kemiringan hingga 60 derajat (http://englishrussia.com/2012/06/17/hellish-vehiclesunder-control/10/ ,diakses tanggal 21 januari 2017).Salah satu produk dari PT.PINDAD adalah Panser ANOA APC yang merupakan kendaran untuk kebutuhan militer dari negara Indonesia.Dari informasi yang di dapat dari PT.PINDAD bahwa Panser ANOA APC 3 6x6 memiliki permasalahan yaitu terbatasnya kemampuan panser untuk menanjak pada jalan dengan gradeability rendah Dalam penelitian ini, penulis melakukan dua tahapan pengujian.Tahap pertama, dilakukan analisa karakteristik panser anoa apc 3 6x6 pada kondisi standar. Selanjutnya tahap kedua dilakukan evaluasi terhadap grafik karakteristik traksi kondisi rasio panser anoa apc 3 6x6 standar, dilanjutkan dengan proses redesign tingkat transmisi untuk mengoptimalkan kinerja panser anoa apc 3 6x6 menggunakan teori progressi geometri. Dari penelitian ini diperoleh grafik karakteristik traksi mobil untuk kondisi rasio gigi standar serta hasil redesign dengan 5,6 dan 7 tingkat kecepatan. Setelah dilakukan analisa, ternyata kendaraan Panser ANOA APC 3 6x6 tidak dapat melewati jalan dengan gradeability 40% dan 50%. Hasil redesign dengan menggunakan teori progressi geometry menunjukan bahwa panser ANOA APC 3 6x6 mampu melewati jalanan dengan gradeability 40% tetapi panser ANOA APC 3 6x6 masih belum mampu melewati tanjakan dengan gradeability 50% dikarenakan setelah dilakukan redesign,gaya traksi maksimum yang di hasilkan oleh panser adalah 58,82 kN untuk 5 dan 6 tingkat kecepatan sedangkan untuk 7 tingkat kecepatan 59,468 kN yang tidak lebih besar dari gaya hambat tanjakan pada gradeability 50% yaitu sebesar 60,542 kN. ======================================================================================== Industry in military vehicles is already so advanced from now on. PT. PINDAD as one of the producer military vehicle in Indonesia must be having technology to produce a sophiscated vehicle that wasn’t fall behind to other’s country. Russia’s Panser is already so advanced it is able to pass through a 600 gradient tracks (http://englishrussia.com/2012/06/17/hellish-vehicles-under-control/10/ ,diakses tanggal 21 januari 2017). One of the product of PT. PINDAD is Panser ANOA APC which is a military vehicle for military needed in Indonesia. The information from PT. PINDAD says that Panser ANOA PAC 3 6x6 is limited to some road with low gradebility. In this research, the writers do two methods experiment research. The first method was characteristic analysis Panser Anoa APC 3 6x6 in standart condition, the next method was evaluation from the characteristic ratio Panser Anoa APC 3 6x6 standart traction graphics, continued with the redesign transmition process to optimize the performance of Panser Anoa APC 3 6x6 using progressions geometry theory. From this research, the traction characteristic graphics for standart gear ratio and the redesign result for 5,6, and 7 level speed was obtained. After being analyzed, it is known that Panser Anoa APC 3 6x6 isn’t able to pass throgh the tracks with 40% and 50% gradeability. The redesign with progresstion theory shown that Panser ANOA APC 3 6x6 is able to pass through the tracks with 40% greadeability but isn’t able to pass through the tracks with 50% greadeability. Even after the redesign process, the maximum traction force produced from Panser is 58,82 kN for 5 and 6 level of speed, while for 7 level of speed is 59,468 kN which is still smaller compared to drag force in 50% gradeability that was 60,542 kN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Traction Characteristic; Panser ANOA APC 3 6x6; automatic transmission; redesign; rasio transmission; progressi geometry; gradeability.
Subjects: U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MUHAMAD JOHAN PUTRA PRASETYA
Date Deposited: 20 Apr 2017 06:57
Last Modified: 08 Mar 2019 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item