Realitas Virtual Ibadah Haji Pada Perangkat Bergerak Dengan Menggunakan Teknologi Google Cardboard

Chaq, Usaid Syawahidul (2017) Realitas Virtual Ibadah Haji Pada Perangkat Bergerak Dengan Menggunakan Teknologi Google Cardboard. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5113100089-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ibadah haji merupakan salah satu dari rukun Islam. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual ibadah tahunan yang dilakukan oleh umat Islam sedunia yang sudah mampu secara material, mental, dan keilmuan. Walaupun sudah dilakukan pelatihan dengan tempat yang dibuat menyerupai aslinya, seringkali calon jamaah haji belum bisa menguasai sepenuhnya proses manasik haji. Hal itu dikarenakan pelatihan manasik jarang dilakukan berulangkali. Untuk itu, digunakan teknologi realitas virtual untuk membantu menangani permasalahan tersebut. Realitas virtual adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Realitas virtual pada tugas akhir ini dikembangkan pada perangkat bergerak dengan SDK Google Cardboard supaya pengguna dalam hal ini calon jamaah haji dapat menggunakannya berulangkali sesuai keinginan. Realitas virtual juga memberikan rasa seperti benar-benar berada di lokasi aslinya. Pada aplikasi ini terdapat model tiga dimensi dari lokasi-lokasi yang termasuk dalam rukun dan wajib haji. Lokasi tersebut yaitu Masjidil Haram, Arafah, dan Jamarat. Aplikasi ini disertai informasi-informasi objek yang ada pada lokasi ibadah haji. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat simulasi pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan lokasi yang disediakan oleh aplikasi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan mengoperasikannya pada perangkat berbeda dan juga melalui kuesioner responden yang telah mengunjungi tempat ibadah haji secara langsung. Berdasarkan pengujian, dapat diketahui tidak ada perbedaan waktu yang signifikan untuk menjalankan aplikasi pada perangkat mobile dengan processor quad-core atau processor octa-core maupun dengan memori 2 GB atau memori 3 GB. Sedangkan berdasarkan hasil kuesioner responden dapat diketahui tingkat kenyamanan antarmuka mencapai 90,9%, kemiripan model dengan objek asil mencapai 77,78%, kejelasan dan kegunaan informasi mencapai 83,33%, performa aplikasi mencapai 84,85%, dan perasaan immersive mencapai 72,73%. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan dapat menjadi alternatif latihan manasik haji yang dapat dilakukan sendiri oleh pengguna. ================================================================================================================== Hajj is one of the pillars of Islam. Hajj is an annual ritual of worship by moslem around the world who are able materially, mentally, and knowledge. Although the pilgrims had been trained in a similar place, often pilgrims not yet fully understand the ritual of hajj. That is because the training simulation rarely done reapeatedly. Virtual reality becomes solution of this problem. Virtual reality is a technology that allows users to interact with an environment simulated by computer. This virtual reality is developed by Google Cardboard SDK for mobile device. So the users, in this case is the pilgrims, can use this application repeatedly. Virtual reality also gives a sense like in actual location. In this application, there is a lowpoly three-dimensional model of the locations included in the pillars and the mandatory of hajj. This application will be accompanied by object informations related to the locations of hajj. In addition, this application serves simulation of hajj ritual base on location. Testing concluded on different devices and using questionnaire on respondents that have go to hajj. Based on the test, is known no significant running time of the application on a mobile device with a quad-core processor or octa-core processor and 2GB memory or 3GB memory. Additionally base on respondent questionnaire, the comfort level of the interface reaches 90,9%, the similarity with origin object reaches 77,78%, the clarity and usefull of information reaches 83,33%, application performance reaches 84,85%, and the immersive experience reaches 72,73%. By the development of this application, is expected to be an alternative exercise the rituals of Hajj can be performed by the pilgrims self.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat bergerak, haji, cardboard, realitas virtual
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: USAID SYAWAHIDUL CHAQ
Date Deposited: 19 Apr 2017 07:56
Last Modified: 19 Apr 2017 07:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item