PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGAWASAN PEMBANGUNAN KAPAL BARU DI BEBERAPA GALANGAN (MULTI SHIPYARD) BERBASIS KOMPUTER

MUNANDAR, ARIS (2016) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGAWASAN PEMBANGUNAN KAPAL BARU DI BEBERAPA GALANGAN (MULTI SHIPYARD) BERBASIS KOMPUTER. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4111100107-UNDERGRADUATE_THESES.pdf - Updated Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111100107-ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111100107-CONCLUSION.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Proses pengawasan pembangunan kapal secara menyeluruh di beberapa galangan yang terpisah sangat sulit dilakukan pemilik kapal. Disamping itu, informasi yang diperoleh dari owner surveyor masih dilakukan dengan cara mengirim laporan dalam bentuk microsoft word dan grafik melalui email maupun hard copy, sehingga beban pekerjaan yang telah diselesaikan menjadi tidak akurat. Proses pencarian data menjadi semakin sulit karena belum adanya integrasi sistem sehingga menyebabkan penyimpanan data yang kurang rapi dan rawan terjadinya manipulasi data. Alternatif solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mengawasi proses pembangunan di beberapa galangan berdasarkan sistem pengawasan kapal beserta pelaporannya yang selama ini digunakan. Tahap awal yaitu observasi terhadap sistem pengolahan data pekerjaan pengawasan dan pemeriksaan pembangunan kapal baru di galangan sampel. Dari data hasil observasi tersebut dilakukan penggolongan dan sinkronisasi pekerjaan pada work break down. Tahap selanjutnya adalah membuat konsep multi shipyard dimana owner memiliki beberapa proyek pembangunan kapal di beberapa galangan dan satu kapal hanya diawasi oleh satu owner surveyor. Dari hasil pengawasan pembangunan kapal yang berupa informasi kemajuan pembangunan kapal yang dikirimkan oleh owner surveyor kepada owner untuk dapat dilakukan analisa. Dari konsep diatas dibuat database prototipe program sistem informasi manajemen berbasis komputer yang berisi identitas proyek, work breakdown, bobot prosentase, dan termin pembayaran pada masing-masing pembangunan kapal. Berdasarkan hasil implementasi, prototipe sistem informasi mengenai pengawasan pembangunan kapal baru ini dapat mempermudah pemilik kapal untuk melihat secara menyeluruh proses pembangunan kapal dengan cara membandingkan kemajuan pekerjaan pembangunan kapal di beberapa galangan dan mempersingkat waktu owner surveyor dalam mengolah data informasi pengawasan yang dibutuhkan. Kata kunci: Pengawasan Pembangunan Kapal, Integrasi sistem, di Beberapa Galangan, Pemilik Kapal, Berbasis Komputer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Pembangunan Kapal; Integrasi sistem; di Beberapa Galangan, Pemilik Kapal, Berbasis Komputer
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ARIS MUNANDAR
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:03
Last Modified: 27 Dec 2018 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item