PENERAPAN METODE SIMULASI SISTEM DINAMIK UNTUK MENGANALISIS KEBUTUHAN LISTRIK SEKTOR RUMAH TANGGA PADA TIAP AREA DI JAWA TIMUR

SATYANINGGRAT, LUH MADE WISNU (2016) PENERAPAN METODE SIMULASI SISTEM DINAMIK UNTUK MENGANALISIS KEBUTUHAN LISTRIK SEKTOR RUMAH TANGGA PADA TIAP AREA DI JAWA TIMUR. skripsi thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5211100031-abstract.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5211100031-conclusionpdf.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5211100031-Undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki wilayah terluas di Pulau Jawa, yaitu seluas 47.154 km² dan terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota. Provinsi Jawa Timur ini juga memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia, yaitu berjumlah 37.476.757 jiwa pada tahun 2010. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, kebutuhan listrik di sektor rumah tangga selalu terjadi peningkatan tiap tahunnya. Pada tahun 2010, kebutuhan listrik pada sektor Rumah Tangga di provinsi Jawa Timur sebanyak 8.555,29 GWh, tahun 2011 sebanyak 9.085,44 GWh, tahun 2012 sebanyak 9.876,67 GWh, dan pada tahun 2013 sebanyak 10,589.17 GWh. Oleh sebab itu, PT PLN Distribusi Jawa Timur harus siap dalam menghadapi lonjakan kebutuhan listrik masyarakat sektor rumah tangga di Jawa Timur. PT. PLN Distribusi Jawa Timur membutuhkan suatu perhitungan yang dapat membantu dalam memperkirakan kebutuhan listrik di tahun mendatang sehingga PT PLN dapat menentukan jumlah pasokan listrik yang harus disediakan. Prediksi kebutuhan listrik dipengaruhi oleh faktor internal, beberapa faktor eksternal yang bersifat non linear dan adanya unsur ketidak pastian, sehingga memprediksi kebutuhan listrik menjadi suatu masalah yang kompleks. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, metode yang cocok digunakan yaitu metode Simulasi Sistem Dinamik. Dengan metode Simulasi Sistem Dinamik, kita bisa memahami secara mendalam tentang cara kerja suatu sistem. Beberapa faktor eksternal dan unsur-unsur ketidak pastian yang ada pada prediksi kebutuhan listrik dapat diamati, dianalisis, dan dirangkai sehingga menampilkan keterkaitan satu sama lain hingga akhirnya dapat memberikan solusi yang komprehensif dan meningkatkan performa sistem. Hasil yang diharapkan dari penerapan metode Simulasi Sistem Dinamik adalah adanya rancangan model proyeksi kebutuhan listrik yang dapat membantu perusahaan untuk mengetahui kebutuhan listrik mendatang untuk tiap area di Jawa Timur dan dapat membantu menentukan desain kapasitas pembangkit yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik. Rancangan model analisis kebutuhan listrik ini dapat menggambarkan kebutuhan listrik pada sektor Rumah Tangga tiap areadi Jawa Timur dan dapat langsung diimplementasikan pada perusahaan karena model ini sudah sesuai dengan kondisi kebutuhan listrik saat ini.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: simulasi, sistem dinamik, kebutuhan listrik, rumah tangga, Jawa Timur
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 14 Jun 2016 15:28
Last Modified: 27 Dec 2018 07:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item