Analisis Tegangan Geser Pada Struktur Kapal Bulk Carrier Dengan Dua Lubang Palkah Tiap Ruang Muat

Ardianto, Rizki Yanuar (2016) Analisis Tegangan Geser Pada Struktur Kapal Bulk Carrier Dengan Dua Lubang Palkah Tiap Ruang Muat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4111100068-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Distribusi beban yang tidak merata dan gelombang air laut yang tidak beraturan pada saat kapal berlayar menyebabkan terjadinya tegangan dan regangan pada struktur kapal. Salah satu tegangan yang bekerja pada struktur kapal bulk carrier adalah tegangan geser. Analisis tegangan geser perlu dilakukan untuk memeriksa kekuatan struktur kapal. Salah satu regulasi yang mengatur tentang standar perhitungan kekuatan kapal bulk carrier adalah Common Structural Rules for Bulk Carrier (CSR). Tugas akhir ini mengambil studi kasus pada bulk carrier 11096 DWT. Perhitungan tegangan geser dilakukan dengan metode elemen hingga (numerik). Dilakukan validasi dengan perhitungan analitik sebelum model elemen hingga diberi pembebanan berdasarkan CSR. Hasil analisis dari tegangan tersebut akan dibandingkan dengan tegangan yang diijinkan oleh CSR. Tegangan ijin menurut CSR adalah 153,846 N/mm2 . Hasil perhitungan numerik akibat momen torsi memenuhi kriteria CSR dengan nilai maksimal adalah 44,9 N/mm2 yang terjadi pada pelat geladak. Nilai tegangan geser akibat momen bending vertikal dengan pola pemuatan CSR bervariasi. Terdapat kondisi memenuhi dan tidak memenuhi. Untuk kondisi memenuhi adalah pada kondisi pemuatan full load (LC 1 P1 dan LC 2 P1), slack load (LC 3 P1 dan LC 4 P1), alternate load (LC 10 P1), alternate block load ( LC 11 P1 dan LC 12 P1), dan harbour condition (LC 15 dan LC 16). Kondisi tidak memenuhi adalah pada kondisi deepest ballast (LC 5), multiport-3 (LC 6 dan LC 7), multiport-4 (LC 8 dan LC 9), alternate load (LC 10 F2), alternate block load (LC 11 H1, LC 11 F2, LC 12 H1, LC 12 F2), dan heavy ballast (LC 13 dan LC 14). Tegangan geser terbesar dan tidak memenuhi kriteria terjadi pada pelat geladak dengan nilai 232 N/mm2 pada kondisi pemuatan deepest ballast. ====================================================================================== Uneven load distribution and irregular wave at the time of sailing cause stress and strain on the ship's structure. One of stress that works on the structure of bulk carrier is shear stress. Analysis of shear stress is necessary to check the strength of the ship's structure. One of the regulations governing the calculation of the strenght of standard bulk carrier is Common Structural Rules for Bulk Carrier. This thesis took a study on 11096 DWT bulk carrier vessel. Shear stress calculation performed by finite element method (numerical calculation). Finite element model validated with analytical calculation first. Stress result will be compared with the allowable stress by CSR. Allowable stress according to CSR is 153,846 N/mm2. The result of numerical calculation due to torsion obtained the largest shear stress on the deck plate with a value of 44,9 N/mm2. The value of shear stress due to vertical bending moments and CSR loading pattern varies. There are meet and do not meet conditions. Meet conditions on full load (LC 1 P1 and LC 2 P1), slack load (LC 3 P1 and LC 4 P1), alternate load (LC 10 P1), alternate block load (LC 11 P1 and LC 12 P1 ), and harbor condition (LC 15 and LC 16). The condition do not meet criteria on deepest ballast (LC 5), multiport-3 (LC 6 and LC 7), multiport-4 (LC 8 and LC 9), alternate load (LC 10 F2), alternate block load (LC 11 H1 , LC 11 F2, H1 LC 12, LC 12 F2), and heavy ballast (LC 13 and LC 14). The maximum shear stress and do not meet the criteria occur on the deck plates with a value of 232 N / mm2 in deepest ballast loading condition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bulk carrier, CSR for Bulk carrier, metode elemen hingga, tegangan geser, finite element method, shear stress
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - RIZKI YANUAR ARDIANTO
Date Deposited: 18 Apr 2017 08:07
Last Modified: 26 Dec 2018 03:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item