Analisis Mitigasi Risiko Pengoperasian Kapal Tradisional: Studi Kasus Pelayaran Rakyat

Prasetyo, Lugito (2017) Analisis Mitigasi Risiko Pengoperasian Kapal Tradisional: Studi Kasus Pelayaran Rakyat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4411100011-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4411100011-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran pelayaran rakyat semakin surut dan memprihatinkan sejalan dengan perkembangan teknologi kapal yang mengarah kepada kapal yang lebih cepat, lebih besar dan lebih ekonomis. Pelayaran rakyat saat ini masih digunakan pada angkutan pedalaman guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada operasi kapal pelayaran rakyat saat ini masih terkendala dalam perolehan muatan salah satunya disebabkan karena belum banyak kapal yang diasuransikan sehingga konsumen tidak banyak yang mengirim muatan melalui pelayaran rakyat. selain itu potensi kapal pelayaran rakyat untuk mengalami kecelakaan mempunyai peluang sebesar 0,17 %. Pada penilitian ini dilakukan perhitungan dengan penilaian risiko dengan metode matriks dan pembobotan untuk mengetahu rate atau tarif untuk menghitung premi dari asuransi kapal tradisional. Analisis dilakukan dengan meninjau dari aspek teknis dan operasional yang semuanya mempunyai peran dalam menentukan peluang kecelakaan. Pada aspek teknis diberikan bobot 0,33 sedangkan aspek operasional 0,67 Selanjutnya dilakukan perhitungan untuk nilai kapal dan mesin kapal yang digunakan sebagai dana pertanggungan yang akan di asuransikan. Dari hasil perhitungan penelitian ini, premi asuransi diperoleh kapal pelayaran rakyat dengan ukuran 148 GT dengan umur 23 tahun dan Non klass didapatkan rate sebesar 2.88% dan premi Rp. 78,658,000 per tahun , untuk kapal dengan ukuran 235 GT dengan umur 16 tahun dan non klass diperoleh rate 2.22% dan premi Rp. 89,322,000, per tahun selanjutnya untuk kapal dengan ukuran 376 GT dengan umur 8 tahun diperoleh rate 3,76% dengan premi sebesar Rp.144,806,000 per tahun.

==================================================================================

The role of the traditional shipping are increasingly receding and alarming in line with developments in technology that lead to vessel ship faster, larger and more economical. The tratidional shiping today still used on inland transport in order to serve community. On the tratidional ship operations people is still constrained in acquiring the cargo one of them is because not many vessels are insured, so many people not chosse traditional shipping to send their cargoes.In addition to the potential of the traditional ship to have an accident has chance of 0,17% .In this research calculation by the risk assessment method matrix and weighting determines the rate for calculating insurance premiums of traditional ships. The analysis was conducted by reviewing technical aspects and Operational that all have a role in determining the chances of an accident. On the technical aspects are given a weight of 0.33 while the operational aspects of 0.67. Furthermore, the calculation for the value of the ship and traditional cargo ships. Which is used as an insurance fund to be insured. From the calculation results of this study, traditional ship insurance premiums earned by the size of 148 GT to the age of 23 and the Non Klass obtained rate of 2.88% and a premium of Rp. 78,658,000, in a year for vessels of 235 GT to the age of 16 years and obtained non Klass 2:22% and premium rate Rp. 89,322,000, in a year, for to vessels of 376 GT at age 8 gained 3.76% rate with a premium of Rp.144,806,000 in a year.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayaran Rakyat; Manajemen Risiko; Marine Insurance; Traditional Shipping; Risk; Insurance
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - LUGITO PRASETYO
Date Deposited: 11 Apr 2017 08:04
Last Modified: 08 Mar 2019 07:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item