Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Distribusi Pelayanan Air Bersih Di Kelurahan Tambak Wedi Surabaya

Maulana, Arief (2017) Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Distribusi Pelayanan Air Bersih Di Kelurahan Tambak Wedi Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3609100704_Undergraduated_Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam rencana induk sistem penyediaan air minum Kota Surabaya tahun 2014, Kelurahan Tambak Wedi merupakan salah satu kelurahan yang layanan air bersihnya termasuk kategori cukup bila dibandingkan dengan kelurahan lainnya yang layanan air bersihnya sudah termasuk kategori bagus. Namun dalam pelayanannya, suplai air yang dilakukan oleh PDAM tidak maksimal. Beberapa warga mengeluhkan seringnya air tidak keluar di daerahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor - faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat terhadap distribusi pelayanan air bersih di Kelurahan Tambak Wedi dan melakukan penilaian tingkat kepuasan masyarakat terhadap distribusi pelayanan air bersih yang dilakukan oleh PDAM di Kelurahan Tambak Wedi. Teknik analisa yang digunakan dalam mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat adalah dengan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisa yang digunakan untuk menilai tingkat kepuasan masyarakat terhadap distribusi pelayanan air bersih adalah service quality. Hasil akhir penelitian ini adalah diketahui bahwa selisih nilai kenyataan yang dikurangi nilai harapan menunjukkan nilai negatif atau nilai harapan lebih besar dari nilai kenyataan. Maka diketahui bahwa masyarakat merasa kurang puas dengan distribusi pelayanan air bersih yang diberikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa masyarakat di Kelurahan Tambak Wedi mempunyai tingkat kepuasan ‘kurang memuaskan’. ======================================================================================================================== In the master plan for water supply systems of Surabaya 2014, Kelurahan Tambak Wedi is one of the villages that included in good category in clean water services, compared with other villages. But in his service, PDAM water supply not optimal. Some residents complained of frequent water does not come out in their region. The purpose of this study is to identifying factors - factors that affect people's satisfaction level distribution of water services in the Kelurahan Tambak Wedi and evaluating the level of residents satisfaction over the distribution of water services that performed by PDAM in the Kelurahan of Tambak Wedi. Analysis techniques that used to identifying the factors - factors whose affect resident's satisfaction levels are validity test and reliability test. while analytical technique that used to evaluate the level of resident's satisfaction over the distribution of clean water service is service quality. The final result of this research is known that the expected value is greater than the value of reality. It is known that people feel less satisfied with the distribution of water services provided. So it can be said that people in the Kelurahan Tambak Wedi has the satisfaction level ‘less than satisfactory’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur Kota, Air Bersih, Kepuasan pelanggan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ARIEF ARIEF MAULANA
Date Deposited: 05 May 2017 01:16
Last Modified: 08 Mar 2019 07:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item