KONSEP PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP NEIGHBORHOOD UNIT DALAM MENUNJANG INTERAKSI SOSIAL PADA LINGKUNGAN PERUMAHAN NASIONAL (STUDI KASUS : PERUMNAS BUMI TAMALANREA PERMAI, MAKASSAR)

HASANUDDIN, NURUL LESTARI (2016) KONSEP PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP NEIGHBORHOOD UNIT DALAM MENUNJANG INTERAKSI SOSIAL PADA LINGKUNGAN PERUMAHAN NASIONAL (STUDI KASUS : PERUMNAS BUMI TAMALANREA PERMAI, MAKASSAR). In: Tugas Akhir.

[img]
Preview
Text
3212201001-paper.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3212201001-presentation.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konsep neighborhood unit yang dipopulerkan oleh Clarence Arthur Perry pada tahun 1929 telah menjadi perencanaan pemukiman yang populer di Amerika. Secara umum, konsep neighborhood unit terdiri dari prinsip-prinsip penataan yang memiliki tujuan untuk membentuk interaksi sosial antara penghuni suatu lingkungan. Perkembangan dari neighborhood unit membawa konsep ini mampu menyesuaikan dengan konteks lokal dimana konsep ini diterapkan. Pada penelitian ini berusaha mengidentifikasikan neighborhood unit yang sesuai dengan konteks lokal ditinjau dari kesesuaian pengertian, tujuan, dan pedoman teknis penataan lingkungan perumahan. Penelitian ini menggunakan metode campuran untuk mendapatkan pandangan yang lebih lengkap dari metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan pengumpulan data dari berbagai sumber dengan pendekatan deskriptif analitis dan evaluatif untuk menemukan kebijakan yang sesuai dengan konteks lokal sementara data kuantitatif didapatkan dari hasil survei kuesioner untuk dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil akhir dari penelitian ini akan dianalisis melalui metode triangulasi untuk mendapatkan konsep perencanaan. Konsep perencanaan berguna untuk penerapan prinsip-prinsip neighborhood unit yang telah disesuaikan dengan konteks lokal sehingga menghasilkan rumusan konsep yang berisi penataan lingkungan fisik yang sesuai dengan kebutuhan penduduk di lokasi studi. Hasilnya berguna untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai bagaimana penerapan konsep neighborhood unit yang menunjang interaksi sosial dapat di terapkan dalam konteks lokal khususnya di lokasi studi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: neighborhood unit, interaksi sosial, penataan fisik lingkungan, perencanaan perumahan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
N Fine Arts > NA Architecture
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 15 Jun 2016 15:15
Last Modified: 26 Dec 2018 08:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item