PENGEMBANGAN METODE PERHITUNGAN EMISI CO2-e DARI LIMBAH TINJA DAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR LPG AKTIVITAS RUMAH TANGGA(STUDI KASUS: KOTA SURABAYA)

BOEDISANTOSO, RACHMAT (2016) PENGEMBANGAN METODE PERHITUNGAN EMISI CO2-e DARI LIMBAH TINJA DAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR LPG AKTIVITAS RUMAH TANGGA(STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). In: Tugas Akhir.

[img]
Preview
Text
3213207011-paper.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3213207011-persentation.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Inventarisasi emisi merupakan langkah awal dalam mengaplikasikan rencana aksi perubahan iklim. Saat ini, inventarisasi emisi GRK dari aktivitas rumah tangga di kota-kota di Indonesia, termasuk Surabaya, masih terbatas dan belum mampu memberikan informasi keilmuan yang cukup untuk menghitung jumlah emisi GRK yang dihasilkan. Disamping itu, metode perhitungan IPCC Guidelines 2006 sendiri masih bersifat sangat umum. Padahal, aktivitas rumah tangga yang sangat berpotensi menghasilkan emisi CO2-e, adalah bersumber dari limbah tinja dan dari hasil pembakaran bahan bakar LPG. Karenanya disertasi ini bertujuan untuk mengembangkan metode perhitungan emisi CO2-e yang langsung dihasilkan dari limbah tinja dan juga emisiCO2-e dari penggunaan penggunaan bahan bakar yang bersifat spesifik untuk setiap negara, dengan studi kasus Kota Surabaya. Hasil dari pengembangan metoda ini akan dapat diterapkan untuk memperkirakan jumlah emisi CO2-e dari aktivitas rumahtangga di perkotaan metropolis. Metode pengembangan perhitungan emisi CO2-e yang dihasilkan dari limbah tinja menggunakan variabel penelitian; jenis kelamin, usia dan pendapatan. Sedangkan variabel penelitian untuk menghitung emisi CO2 dari penggunaan bahan bakar LPG adalah tipe rumah tangga dan jumlah penghuni. Sampel yang dipergunakan untuk penelitian emisi CO2-e dari limbah tinja adalah data primer sebanyak 80 sampel, yang diperoleh dari hasil analisis karakteristik limbah tinja segar serta sampel yang diambil dari tanki septik untuk menganalisis komposisi gas dan karakteristik lumpur tinjanya. Sedangkan sampel untuk menganalisis emisi CO2 dari penggunaan bahan bakar LPG diambil dari data sekunder dan data primer, yang berasal dari hasil kuesioner dan wawancara terhadap 441 responden. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa jenis kelamin dan usia anggota keluarga, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap karakteristik limbah Pengembangan Metode Perhitungan Emisi CO2-e dari Limbah Tinja dan Penggunaan Bahan Bakar LPG Aktivitas Rumah Tangga (Studi Kasus : Kota Surabaya)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: CO2, CH4, limbah tinja, bahan bakar LPG, aktivitas rumah tangga
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 15 Jun 2016 15:57
Last Modified: 26 Dec 2018 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item