Azkya, Sakha Ul (2017) Desain Crafting and Lunch Table Set untuk Anak Usia 4-6 Tahun Guna Menstimulus Kemandirian Anak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3412100069-Undergraduate-Theses.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Sifat mandiri adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Namun, saat ini
banyak orang tua yang kurang sadar akan pentingnya sifat mandiri untuk anak. Salah satu dari
berbagai cara yang efektif adalah mengenalkan serta menanamkan sifat mandiri melalui
kegiatan bermain dan belajar. Usia 4-6 tahun merupakan usia yang tepat untuk menstimulus
sifat mandiri pada anak. Dimana mereka berada di jalur Pendidikan Anak Usia Dini. Selain itu
penanaman tersebut juga harus dibiasakan di rumah dan di berbagai tempat. Untuk memberikan
penanaman sifat mandiri pada anak, perlu adanya alat bantu yang dapat menarik mereka untuk
melakukan kegiatan yang dapat menanamkan sifat mandiri yang dapat ia lakukan sendiri dan
yang sesuai dengan karakteristik anak-anak serta memberikan pengalaman secara langsung
untuk anak.Melalui kegiatan crafting dan makan, anak dapat di stimulus untuk melakukan
kegiatan yang dapat ia lakukan sendiri dari mulai melakukan penataan barang yang terorganisir,
pemakaiannya, serta merapihkan kembali ke tempat semula tanpa bantuan orang lain. Metode
perancangan yang dilakukan adalah metode shadowing yang menghasilkan analisa
permasalahan yang timbul dari kegiatan crafting dan makan. Masalah yang timbul dirangkum
dalam affinity diagram untuk menemukan konsep yang tepat dan fitur-fitur yang diberikan pada
produk dalam perancangan ini. Konsep yang dihasilkan dari affinity diagram berupa organize,
easy cleaning, dan self operated. Desain crafting and lunch set dengan konsep menstimulus
kemandirian pada anak yang dapat digunakan di sekolah dan juga dirumah. Hasil perancangan
meliputi meja modular, crafting set, dan lunch set yang sesuai dengan ukuran anak untuk usia
4-6 tahun.
==============================================================================================================
Being autonomous or live independently is a must for human. However, even today, there are
still many parents who lack of responsibility about how important it is for children. One of
many effective ways is to introduce and educate by learning and playing. Stimulating kind of
character like live independently is quite correct at 4-6 years old whereas they are in the
educating system path. Beside, educating itself must be done at home and everywhere very
often. To support statement above, there's a need for a tool which can be attract children to do
some kind of work and give the children experience directly about live independently. Through
crafting and eating, indepedently characteristic can be stimulate by doing some work by
themself, start from organizing goods, how to use it, and clean it neatly. The design method that
have been done is shadowing which resulting an analytical problem from crafting and eating.
The problem which showing up had been summarised by affinity diagram to find the correct
concept and features to be applied to the design. Crafting and lunch set table have been designed
with a concept that can stimulate the independently children's characteristic and also can be
used at home and school. The design final result is contain a modular table, crafting set, and
lunch set which is very appropriate for 4-6 years old children
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, organize, easy cleaning, dan self operated |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Fandika aqsa |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 08:20 |
Last Modified: | 10 Mar 2017 08:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41171 |
Actions (login required)
View Item |