Perancangan Tempat Duduk Untuk Sepeda Pasca Stroke

Hikmawan, Muhamad Wahyu (2017) Perancangan Tempat Duduk Untuk Sepeda Pasca Stroke. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2112100166-Undergraduate-Theses.pdf] Text
2112100166-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahap rehabilitasi medis dilakukan berbagai terapi
pada penderita stroke untuk memulihkan kondisi pasien seperti
sedia kala. Untuk mendukung terapi tersebut, penggunaan alat
bantu diperlukan utamanya untuk melatih pemulihan gerak dasar
tubuh pasien. Sepeda pasca stroke merupakan salah satu
alternatifnya. Chandra 2016 merancang rangka sepeda roda tiga
yang dapat digunakan oleh pasien stroke untuk terapi fisik dan
psikisnya. Dalam pengembangan rancangan sepeda tersebut
diperlukan tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan penderita
stroke. Peletakan tempat duduk terhadap sepeda berpengaruh
besar dalam membentuk postur tubuh ketika bersepeda. Kesalahan
postur ketika mengayuh sepeda dapat menyebabkan rasa tidak
nyaman hingga terserang berbagai penyakit kronis. Perancangan
tempat duduk harus disesuaikan dengan gerakan pasien stroke
yang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan kondisi fisik penderita
stroke lebih lemah dibanding orang normal. Selain itu dibutuhkan
tempat duduk yang aman serta nyaman agar penderita terhindar
dari hal-hal negatif akibat desain tempat duduk yang salah.
Pada tugas akhir ini, perancangan tempat duduk sepeda
pasca stroke untuk rehabilitasi fisik pasien didasarkan pada
evaluasi kondisi fisik pasien stroke dan kajian dari tempat duduk
sepeda yang telah dibuat oleh Sandy 2016. Komponen tempat
duduk ini dirancang untuk memenuhi kriteria-kriteria yang sesuai
dengan kebutuhan pasien pasca stroke seperti aman dan ergonomis. Sebagai langkah awal ditetapkan daftar kebutuhan
produk kemudian dibuat dua buah konsep. Untuk memilih konsep
terbaik, setiap konsep di analisa kekuatan materialnya, nilai resiko
cedera dengan metode RULA, proses manufaktur, dan
perakitannya.
Berdasarkan perbandingan hasil analisa secara menyeluruh
dari kedua konsep, maka konsep yang terpilih mempunyai dimensi
385x465x820 mm. Material tempat duduk terbuat dari aluminium
alloy 6061, stainless alloy 316 dan stainless alloy 440 dengan berat
total sebesar 3,828 kg. Agar aman dan nyaman pada tempat duduk
terdapat sandaran punggung dan rib support. Terdapat pula sabuk
pengaman agar penderita tidak terjatuh ketika bersepeda. Sabuk
pengaman ini dapat dipasang atau dilepas sesuai kebutuhan.
Bentuk dudukan didesain mirip jok sepeda motor bagian depan
sehingga nyaman namun tetap tidak menghambat kaki penderita
ketika mengayuh pedal. Selain itu terdapat mekanisme gerak
sehingga pengguna dapat mengatur posisi tempat duduk terhadap
sepeda. Untuk analisa kekuatan material dibantu dengan software
Autodesk Inventor sedangkan Analisa RULA menggunakan
software CATIA. Dari hasil analisa diketahui bahwa rangka aman
serta didapatkan nilai RULA sebesar 3. Melalui evaluasi
manufacture ability dan perakitan didapat hasil bahwa kursi ini
dapat dibuat dan dirakit. Waktu pembuatan yang dibutuhkan pada
saat proses manufaktur sebesar 2008 detik, sedangkan waktu yang
dibutuhkan untuk perakitan sebesar 461,3 detik.

==================================================================================

At the stage of medical rehabilitation conducted various
therapy on patients with stroke to restore the patient's condition as
usual. To support these therapies, the use of tools is required
primarily to train basic motion recovery of the patient's body. Poststroke
bike is one of the alternatives. Chandra in 2016 designed the
framework of a tricycle that can be used by stroke patients for the
physical and psychological therapy. In the development of the
bicycle design, seats in accordance with the needs of stroke
patients is needed. Seat placement on the bike is influential in
shaping posture when cycling. Wrong posture when pedaling can
cause discomfort and develop variety of chronic diseases. The
design of the seat should be adjusted by the limited movement of
stroke patients. It is because the physical condition of patients with
stroke is weaker than normal people. It would also require a safe
and comfortable seating so that patients can avoid the negative
consequences of the wrong seat design.
In this final project, the design of post-stroke bike seat for
physical rehabilitation patients is based on an evaluation of the
physical condition of stroke patients and the study of bicycle seats
that have been created by Sandy 2016. seating component is
designed to meet the criteria in accordance with the post-stroke
patient's needs, such as safe and ergonomic. The first step is to
specify product requirements list, then creating two concepts. Then
selecting the best concepts, based on the analysis of the strength of the material, the value of the risk of injury by RULA method,
process manufacturing, and assembly.
Based on the comparison of the results of a thorough analysis
of these two concepts, the concept chosen has dimension
385x465x820 mm. Material seat is made from aluminum alloy
6061, stainless alloy 316 and stainless steel alloy 440 with a total
weight of 3,828 kg. To be safe and comfortable rib supports and
backrest are placed in the seat. There is also a seat belt so that the
patient does not fall when cycling. The seat belt can be attached or
removed as needed. Shape holder is designed like a motorcycle
front seats, it is designed to be comfortable but still does not hinder
the patient's feet when pedaling. In addition there is motion
mechanism so that the user can adjust the seat position on the bike.
For strengths materials analysis is assisted by Autodesk Inventor
software and RULA analysis is using CATIA. From the analysis,
the framework is safe and ergonomic value is 3. Manufacture
ability and assembly evaluation result shown that these seats can
be made and assembled. The creation time required during the
manufacturing process is 2008 seconds, while the time required for
assembly is 461.3 seconds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan tempat duduk, stroke, sepeda pasca stroke, development of saddle, stroke, post-stroke bikes
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 04 May 2017 04:37
Last Modified: 22 Dec 2017 07:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41213

Actions (login required)

View Item View Item