Analisa Perletakan Elastomer Pada Konstruksi Submerged Floating Tunnel (SFT) Akibat Beban Hidrodinamik

Sari, Eki Irmaya (2017) Analisa Perletakan Elastomer Pada Konstruksi Submerged Floating Tunnel (SFT) Akibat Beban Hidrodinamik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114202010-Master-Theses.pdf] Text
3114202010-Master-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian terhadap perletakan Submerged Floating Tunnel (SFT)
khususnya akibat pengaruh beban hidrodinamik, yaitu gelombang dan arus.
Elastomer dipilih sebagai perletakan dari SFT karena memiliki kemampuan berotasi
(ditentukan oleh ketebalan) dan juga bertranslasi horizontal (terbatas yang juga
ditentukan oleh ketebalan), oleh karena itu kemampuannya untuk mengurangi gaya
geser akan mampu meminimalisir pengaruh gaya pada struktur SFT.
Elastomer bearing ditempatkan diantara pondasi dan tiang dari struktur SFT. Ada tiga
tipe elastomer bearing yang dimodelkan pada penelitian ini, yaitu High Damping
Rubber Bearing (HDRB), Lead Rubber Bearing (LRB) dan Natural Rubber Bearing
(NRB), dimodelkan dengan pogram bantu finite elemen, Abaqus 6.14, untuk
mengetahui bagaimana analisa elemen dari elastomer dan juga untuk menunjukkan tipe
mana yang paling baik dipakai sebagai bantalan tambahan pada struktur pondasi.
Hasilnya, LRB menunjukkan nilai displacement vertikal maksimum(V) yaitu sebesar
285.98 mm sedangkan displacement horizontal (H) maksimum hanya 44.38 mm. Pada
nilai displacement tersebut ketiga tipe elastomer belum mencapai titik lelehnya. Itu
berarti ketiganya masih aman untuk dipasang pada perletakan SFT. Untuk nilai
tegangan geser, NRB menunjukkan nilai maksimum yaitu 105.50 N/mm2. Ini
disebabkan karena NRB memiliki damping ratio yang paling kecil yaitu sekitar 2%-
3%. LRB menunjukkan kualitas terbaik dari rubber , baik dalam hal mereduksi
tegangan geser, tegangan tekan dan displacement yang terjadi. Hal ini disebabkan LRB
memiliki Lead (perunggu) di tengah yang fungsinya untuk menyerap energy sehingga
mampu menahan beban aksial dan lateral jauh lebih baik daripada kedua tipe yang lain.

====================================================================================

This research is focused on the placement of Submerged Floating Tunnel (SFT),
particularly the effect of hydrodynamic loads, which is waves and currents. Elastomer
is chosen as the placement of SFT because it has the ability to rotate and do horizontal
translation depends on the thickness. Its speciality in reducing shear forces and
increasing the period of structures will be able to minimize the effect of force on SFT
structure.
The elastomeric rubber bearing would be placed between the foundation and piers of
SFT structure. There are three types modeled in this reseach: High Damping Rubber
Bearing (HDRB), Lead Rubber Bearing (LRB) and. Natural Rubber Bearing (NRB).
Afterwards, these types are modeled by the help of finite element program, Abaqus
6.14, to find out the element analyses of elastomer and determine which type is the best
used as an additional bearing on foundation structures.
As the result, the maximum vertikal displacement (V) was shown by NRB type with
285.98 mm, while maximum horizontal displacement (H) is only 44.38 mm. On its
displacement value, three type of elastomer is not shown the yield yet, it means it is
still save to be instaled on the placement. For a shear stress, NRB shown the maximum
value with 105.50 N/mm2. Its because the damping ratio of NRB is only about 2%-3%,
so its cannot support the loads occurred on it. LRB showed the best rubber quality, both
in terms of reducing shear stress, compressive stress and displacement that occurred. It
was because LRB has the lead in the middle that serves to energy absorption, so it could
withstand axial and lateral loads better than the two other types.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SFT; Finite element; High Damping Rubber Bearing; Lead Rubber Bearing; Natural Rubber Bearing
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 05 May 2017 07:30
Last Modified: 22 Dec 2017 08:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41219

Actions (login required)

View Item View Item