Desain Interior Sekolah Playgroup Dan Taman Kanak – Kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik Dengan Nuansa Bermain Di Alam Hutan

Rizkiani, Halsalina (2013) Desain Interior Sekolah Playgroup Dan Taman Kanak – Kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik Dengan Nuansa Bermain Di Alam Hutan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3407100006-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah momen penting bagi seorang anak sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotorik, kognitif maupun sosialnya. Salah satu diantaranya adalah sekolah playgroup dan taman kanak-kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik. Sekolah yang berada di kota Gresik ini akan dioptimalkan melalui rancangan interior untuk mendukung perkembangan anak usia dini. Lingkungan alam merupakan salah satu komponen terpenting dalam pengembangan proses pendidikan anak usia dini. Konsep pendidikan berbasis alam dapat membantu mengembangkan kepekaan, kepedulian anak terhadap berbagai kondisi lingkungan alam. Kegiatan ini sekaligus mendukung salah satu kecerdasan anak diantaranya kecerdasan naturalis. Kecerdasan naturalis memuat kemampuan seorang anak untuk peka terhadap lingkungan alam. Kecerdasan naturalis perlu diajarkan dan ditanamkan sejak usia dini. Pada masa pertumbuhan anak, nilai-nilai naturalis sangat efektif diserap dan diterapkan oleh anak-anak. Sebagaimana yang diketahui, isu lingkungan hidup yang terhangat adalah adanya global warming sebagai akibat banyaknya hutan-hutan yang telah rusak. Sebelum pemanasan bumi semakin tidak terkendali, ada baiknya perlu diperkenalkan tentang pentingnya menjaga alam,khususnya hutan kepada anak. Dalam Laporan Tugas Akhir ini, perumusan metodologi yang disusun untuk mendapatkan data berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa pengambilan data langsung diantaranya observasi lapangan, data eksisting bangunan, wawancara dengan kepala sekolah dan staff guru sebagai tujuan desain yang diinginkan, dan foto-foto eksisting ruangan serta data-data pembanding. Data sekunder berupa studi pustaka dimana data didapat dari buku-buku mengenai psikologi anak, majalah-majalah maupun informasi dari internet yang memuat artikel-artikel mengenai taman kanak-kanak maupun desain bernuansa bermain di alam hutan. Dari tahapan metodologi akan didapatkan data yang sesuai dengan konsep, kebutuhan dasar ruang maupun aturan baku kemanan dan kenyamanan dalam elemen interior bernuansa bermain di alam hutan yang disesuaikan dengn kurikulum belajar anak di sekolah. Sebuah nuansa belajar yang baru pada sekolah playgroup dan taman kanak – kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik diharapkan mampu mengoptimalkan program belajar di sekolah guna meningkatkan kecerdasan naturalis anak khususnya.Dengan didukung fasilitas-fasilitas yang baik dan adanya konsep elemen pembentuk ruang yang sesuai dengan tema nuansa bermain di alam hutan, Muslimat NU 179 Pelangi Gresik dapat hadir dengan image yang lebih baik lagi di mata masyarakat sekitar. =================================================================================== Early childhood is a period of gold (golden age) for the development of children, to the educational process. This period is critical for a child as a stimulus to the development of personality, psychomotor, cognitive and social development. One of them is the school playgroup and kindergarten Muslimat NU 179 Rainbow Gresik. Schools in the town of Gresik will be optimized through interior design to support early childhood development. The natural environtment is one of the most important components in the development process of early childhood education. The concept of nature-based education can help develop sensitivity, awareness of children to a variety of natural environmental conditions. This activity also supports one child whom the naturalist intelligence. Naturalist intelligence includes the ability of a child to be sensitive to the natural environtmen. Naturalist intelligence needs to be taugt and inculcated from an early age. On the growth of children, naturalist values very effectively absorbed and applied by children. As is known, the hottest environmental issue is the exictence of global warming as a result of the many forests that have been damaged. Before heating the Earth is getting out of control, it’s good to be introduced on the importance of maintaining natural forests especially to children. In this final report, the formulation of a structured methodology to obtain data in the form of primary data and secondary data. Primary data in the form of direct data collection including field observations, existing data structure, an interview with the principal and staff of the teacher as the desired design goals, and photographs of the the existing space and data comparison. Secondary data in the form of literature in which the data obtained from books on child psychology, magazines or other information from the internet that contains articles about kindergarten and atmosphere design play in the woods. From the stages of the methodology we will get the data in accordance with the concept, basic rule space and security and comfort in the element interiors play in natural forests are geared to children’s learning in the school curriculum. A new study atmosphere in pplaygroup and nursery school kindergarten Muslimat NU 179 Pelangi Gresik is expected to optimize the learning program at the school in order to improve the intelligence of the child naturalist especially. With supported facilities are good and the concept of space forming elements that fit the theme shades play in natural forest atmosphere, Muslimat NU 179 Pelangi Gresik can present a better image in the eyes of society.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 747 Riz d
Uncontrolled Keywords: Bermain; Hutan; Kecerdasan Naturalis; Playgroup; Taman Kanak-Kanak; Play; Forest; Naturalist Intelligence; Playgroup; Nursery Schools
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 17 May 2017 08:05
Last Modified: 17 May 2017 08:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41306

Actions (login required)

View Item View Item