Desain Interior Sekolah Playgroup Dan Taman Kanak – Kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik Dengan Nuansa Bermain Di Alam Hutan

Rizkiani, Halsalina (2013) Desain Interior Sekolah Playgroup Dan Taman Kanak – Kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik Dengan Nuansa Bermain Di Alam Hutan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3407100006-Undergraduate-Theses.pdf] Text
3407100006-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan
anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah momen penting bagi
seorang anak sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotorik,
kognitif maupun sosialnya. Salah satu diantaranya adalah sekolah playgroup dan taman
kanak-kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik. Sekolah yang berada di kota Gresik ini
akan dioptimalkan melalui rancangan interior untuk mendukung perkembangan anak usia
dini.
Lingkungan alam merupakan salah satu komponen terpenting dalam
pengembangan proses pendidikan anak usia dini. Konsep pendidikan berbasis alam dapat
membantu mengembangkan kepekaan, kepedulian anak terhadap berbagai kondisi
lingkungan alam. Kegiatan ini sekaligus mendukung salah satu kecerdasan anak
diantaranya kecerdasan naturalis.
Kecerdasan naturalis memuat kemampuan seorang anak untuk peka terhadap
lingkungan alam. Kecerdasan naturalis perlu diajarkan dan ditanamkan sejak usia dini.
Pada masa pertumbuhan anak, nilai-nilai naturalis sangat efektif diserap dan diterapkan
oleh anak-anak.
Sebagaimana yang diketahui, isu lingkungan hidup yang terhangat adalah
adanya global warming sebagai akibat banyaknya hutan-hutan yang telah rusak. Sebelum
pemanasan bumi semakin tidak terkendali, ada baiknya perlu diperkenalkan tentang
pentingnya menjaga alam,khususnya hutan kepada anak.
Dalam Laporan Tugas Akhir ini, perumusan metodologi yang disusun untuk
mendapatkan data berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa
pengambilan data langsung diantaranya observasi lapangan, data eksisting bangunan,
wawancara dengan kepala sekolah dan staff guru sebagai tujuan desain yang diinginkan,
dan foto-foto eksisting ruangan serta data-data pembanding. Data sekunder berupa studi
pustaka dimana data didapat dari buku-buku mengenai psikologi anak, majalah-majalah
maupun informasi dari internet yang memuat artikel-artikel mengenai taman kanak-kanak
maupun desain bernuansa bermain di alam hutan. Dari tahapan metodologi akan
didapatkan data yang sesuai dengan konsep, kebutuhan dasar ruang maupun aturan baku
kemanan dan kenyamanan dalam elemen interior bernuansa bermain di alam hutan yang
disesuaikan dengn kurikulum belajar anak di sekolah.
Sebuah nuansa belajar yang baru pada sekolah playgroup dan taman kanak –
kanak Muslimat NU 179 Pelangi Gresik diharapkan mampu mengoptimalkan program
belajar di sekolah guna meningkatkan kecerdasan naturalis anak khususnya.Dengan
didukung fasilitas-fasilitas yang baik dan adanya konsep elemen pembentuk ruang yang
sesuai dengan tema nuansa bermain di alam hutan, Muslimat NU 179 Pelangi Gresik
dapat hadir dengan image yang lebih baik lagi di mata masyarakat sekitar.

===================================================================================

Early childhood is a period of gold (golden age) for the development of
children, to the educational process. This period is critical for a child as a stimulus to the
development of personality, psychomotor, cognitive and social development. One of them
is the school playgroup and kindergarten Muslimat NU 179 Rainbow Gresik. Schools in
the town of Gresik will be optimized through interior design to support early childhood
development.
The natural environtment is one of the most important components in the
development process of early childhood education. The concept of nature-based
education can help develop sensitivity, awareness of children to a variety of natural
environmental conditions. This activity also supports one child whom the naturalist
intelligence. Naturalist intelligence includes the ability of a child to be sensitive to the
natural environtmen.
Naturalist intelligence needs to be taugt and inculcated from an early age. On
the growth of children, naturalist values very effectively absorbed and applied by
children.
As is known, the hottest environmental issue is the exictence of global warming
as a result of the many forests that have been damaged. Before heating the Earth is
getting out of control, it’s good to be introduced on the importance of maintaining
natural forests especially to children.
In this final report, the formulation of a structured methodology to obtain data
in the form of primary data and secondary data. Primary data in the form of direct data
collection including field observations, existing data structure, an interview with the
principal and staff of the teacher as the desired design goals, and photographs of the the
existing space and data comparison. Secondary data in the form of literature in which the
data obtained from books on child psychology, magazines or other information from the
internet that contains articles about kindergarten and atmosphere design play in the
woods. From the stages of the methodology we will get the data in accordance with the
concept, basic rule space and security and comfort in the element interiors play in
natural forests are geared to children’s learning in the school curriculum.
A new study atmosphere in pplaygroup and nursery school kindergarten
Muslimat NU 179 Pelangi Gresik is expected to optimize the learning program at the
school in order to improve the intelligence of the child naturalist especially. With
supported facilities are good and the concept of space forming elements that fit the theme
shades play in natural forest atmosphere, Muslimat NU 179 Pelangi Gresik can present a
better image in the eyes of society.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 747 Riz d
Uncontrolled Keywords: Bermain; Hutan; Kecerdasan Naturalis; Playgroup; Taman Kanak-Kanak; Play; Forest; Naturalist Intelligence; Playgroup; Nursery Schools
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 17 May 2017 08:05
Last Modified: 27 Dec 2017 02:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41306

Actions (login required)

View Item View Item