Pengaruh Waktu Pemindahan Selama Proses Austempering Terhadap Struktur Mikro Dan Sifat Mekanik Besi Tuang Nodular FCD 500

Sidharta, Indra and Berata, Wajan (2011) Pengaruh Waktu Pemindahan Selama Proses Austempering Terhadap Struktur Mikro Dan Sifat Mekanik Besi Tuang Nodular FCD 500. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 6, 16 Juni 2011, Univ. Kristen Petra, Surabaya.

[img]
Preview
Text
198006192006041004-article.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview

Abstract

Austempered ductile iron (ADI) merupakan material inovatif dari keluarga besi tuang nodular. Material ADI memiliki sifat mekanik yang lebih baik daripada besi tuang nodular konvensional pada umumnya. Pembuatan material ADI melibatkan proses pemanasan pada temperatur austenite yang dilakukan dalam dapur pemanas konvensional lalu dilanjutkan dengan perlakuan panas austempering yang dilakukan didalam dapur salt bath. Karakter akhir material ADI, baik struktur mikro dan sifat mekanik dipengaruhi oleh beberapa faktor penting seperti komposisi kimia, temperatur, dan waktu. Namun, pada aplikasi dilapangan terdapat satu variabel yang sering diabaikan pada proses pembuatan ADI, yaitu waktu pemindahan spesimen dari dapur pemanas ke dapur salt bath, atau biasa disebut dengan transfer time. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh waktu pemindahan terhadap struktur mikro dan sifat mekanik akhir dari besi tuang nodular yang diberi perlakuan austempering. Penelitian dilakukan dengan menggunakan besi tuang nodular FCD 500 yang dapat dikategorikan sebagai unalloyed nodular cast iron sebagai spesimen percobaan. Mula-mula spesimen FCD 500 dipanaskan sampai temperatur austenisasi 900 °C, lalu ditahan pada temperatur tersebut selama 60 menit. Selanjutnya material dipindahkan dari dapur austenisasi ke dapur salt bath untuk proses austempering, dengan variasi waktu pemindahan yang berbeda, yaitu 15, 68, 120 detik. Perlakuan panas austempering dilakukan pada temperatur 316 °C selama 60 menit, kemudian spesimen didinginkan di udara ambien. Pengujian metalografi dilakukan untuk mempelajari pengaruh waktu pemindahan terhadap struktur mikro. Uji kekerasan dan uji impact dilakukan untuk mempelajari sifat mekanik dari spesimen FCD 500 setelah dikenai perlakuan austempering. Data pengujian kemudian dianalisa sehingga diperoleh korelasi antara waktu pemindahan selama pembuatan material ADI,dengan struktur mikro, kekerasan dan energi impact. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan semakin lama waktu pemindahan yang digunakan, cenderung mengakibatkan penurunan nilai kekerasan dan energi impact. Hal tersebut diakibatkan kerena menurunnya jumlah struktur bainite yang terbentuk seiring dengan bertambahnya waktu penambahan. Selain itu, waktu penahanan yang lebih lama menyebabkan terbentuknya struktur pearlite sehingga nilai kekerasan dan energi impact menurun.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Additional Information: 671.36 Sid p
Uncontrolled Keywords: austempered ductile iron, austempering, waktu pemindahan, bainite, pearlite.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering
Depositing User: INDRA SIDHARTA
Date Deposited: 22 May 2017 03:50
Last Modified: 22 May 2017 03:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41324

Actions (login required)

View Item View Item