Desain Interior Namira School Dengan Konsep Religius Wonderland Berdasarkan Psikologi Dan Pola Pikir Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Nastiti, Ratna Andriani (2014) Desain Interior Namira School Dengan Konsep Religius Wonderland Berdasarkan Psikologi Dan Pola Pikir Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3410100030-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita. Pendidikan secara umum merupakan suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri. Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan bangsa, oleh karena itu sebaiknya pendidikan mulai ditanamkan sejak usia dini. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini ini merupakan hasil pemikiran dari analisa para pakar mengenai kinerja otak manusia. Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan sel-sel otak anak dialami pada usia tiga tahun. Sebab pada masa itu, anak usia dini memiliki keaktifan dalam melakukan suatu hal. Desain interior ini mengambil tema perkembangan psikologi dan pola pikir pada anak usia dini. Pemilihan tema tersebut dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak pada usia 3-5 tahun serta aspek interior seperti apa sajakah yang dapat mempengaruhi keadaan psikologi anak. Berikut akan diteliti bagaimanakah perkembangan psikologi anak usia dini, dari mulai pembentukan karakter, hingga aspek apa saja yang dapat mempengaruhi psikologi anak. Tentu saja hal tersebut berhubungan dengan penyediaan fasilitas interior yang optimal pada lembaga pendidikan Namira School. Metode desain yang digunakan meliputi pengumpulan data yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Survey dan observasi langsung ke lapangan. Selain itu, wawancara dilakukan untuk mengetahui potensi dan perkembangan anak secara umum serta desain playground yang diharapkan untuk dapat menyelesaikan masalah desain. Dari data yang didapatkan akan diolah dan dianalisa terhadap elemenelemen pembentuk ruang pada interiornya, sehingga disapatkan sebuah konsep. Desain interior dengan konsep Religius Wonderland ini dapat memberikan solusi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. khususnya Namira School yang membutuhkan desain ruang yang dapat menunjang Psikologi dan Pola pikir anak sebagai salah satu sekolah islam. Melalui pendekatan desain, dirancang sebuah sekolah dan interiornya dengan elemen estetis yang memiliki karakter wonderland dan masih berhubungan dengan nuansa islami, sehingga sekolah tersebut dapat mendukung visi dan misi yayasan itu sendiri. Desain yang dibuat merupakan ide baru yang memadu padankan unsur religius dengan Wonderland. Dengan mengaplikasikan bentukan Religius pada interior ruangan serta mengkolaborasikannya dengan warna-warna ceria yang ada pada wonderland, akan didapatkan ide kreatif yang dapat mendukung psikologi dan pola pikir anak usia dini. ================================================================================== Education is the most important thing in our lives. Education in general is a process of life in developing themselves. Education is an important asset for the advancement of the nation, therefore education should begin instilled from an early age. The Importance of Early Childhood Education is the brainchild of expert analysis on the performance of the human brain. Based on the results of the research, the development of children's brain cells experienced at the age of three years. For then, early childhood have a liveliness in doing a thing. The interior design is the theme of psychology and mindset development in early childhood. The theme selection is performed to determine how the development of children at age 3-5 years as well as what are the interior aspects that can affect the psychological state of the child. The following will be investigated how the psychology of early childhood development, from the formation of character, to what aspects that can affect the psychology of the child. Of course this also relates to the provision of optimal interior facilities at educational institutions Namira School. Design methods used include data collection is done directly or indirectly. Surveys and direct observation to the field. In addition, interviews were conducted to determine the potential and development of children in general and the design of the playground is expected to be able to resolve design issues. From the data obtained will be processed and analyzed the forming elements in the interior space, so disapatkan a concept. The interior design with the concept of religious Wonderland can provide a solution to the Early Childhood Education. especially Namira School which requires the design space that can support child psychology and mindset as one of the Islamic schools. Through design approach, designed a school and its interior with aesthetic elements that have character wonderland and still dealing with Islamic nuance, so that the school can support the vision and mission of the foundation itself. Design created a new idea that mixing and matching with the religious element Wonderland. By applying the religious formation in the interior of the room as well as collaborate with bright colors that exist in wonderland, will get the creative ideas that can support the psychology and mindset of early childhood.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 729.24 Nas n
Uncontrolled Keywords: pendidikan; usia dini; perkembangan psikologi; education; early childhood; developmental psychology
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 19 May 2017 04:17
Last Modified: 19 May 2017 04:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41326

Actions (login required)

View Item View Item