Desain Konseptual Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB) Terapung : Studi Kasus Karimunjawa

Hadisyah, Achmad Rizaldi (2017) Desain Konseptual Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB) Terapung : Studi Kasus Karimunjawa. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4411100036-Undergraduate-Thesis.pdf] Text
4411100036-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karimunjawa merupakan sebuah gugusan kepulauan yang penuh dengan kekayaan alam. Masyarakat setempat yang tinggal di kepulauan tersebut sangat menggantungkan kehidupan mereka dari potensi yang ada. Salah satu hal utama yang diandalkan oleh masyarakat setempat adalah sektor perikanan. Belum tersedianya Stasiun Pengisian Bahan Bakar dan kapal khusus pengangkut bbm dari jepara ke karimun jawa membuat nelayan kesulitan untuk mendapatkan bahan bakar. Untuk saat ini Nelayan Karimun Jawa harus menempuh jarak yang jauh menuju ke jepara untuk mendapatkan bahan bakar. Hal ini membuat biaya operasionalnya semakin tinggi. Dengan keadaan umum yang dipaparkan di atas, maka dibutuhkan suatu alternatif pengembangan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB) yang sesuai untuk wilayah berbasis kepulauan. Dalam tugas akhir ini akan didesain Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB) Terapung untuk melancarkan distribusi bahan bakar untuk kapal ikan di Kepulauan Karimunjawa. Lokasi SPBB terapung dipilih dengan menggunakan metode centre of gravity yaitu pada koordinat Longitude (x) = 110,353 dan Latitude (y) = 5,817 pada google maps . Dengan menggunakan metode optimisasi didapatkan payload optimum SPBB Terapung sebesar 424 Ton dan spesifikasi teknis armada dengan panjang (Lpp) 40,65 meter, lebar 8,5 meter, tinggi 3,78 meter, sarat 2,49 meter dengan kecepatan 7 knot. Proyek ini layak dilaksanakan karena hasil ratio cost benefit adalah 1,07.
==================================================================================================================
Karimunjawa is an archipelago with full of natural wealth. Local people who live on this island rely their life from existing potential. One of main potential is relied by them is fishing sector. Unavailability of fuel stations and fuel carrier from Jepara to Karimunjawa makes all fishers difficult to get fuel. Now, Karimunjawa’s fishers must travel very long distances to Jepara only to get fuel. This makes high operational cost. With that describtion, we need an alternative to development “Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB)” or fuel stations which suitable for islands. In this project will be design “Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB) terapung” or floating fuel stations to expedite the distribution of fuel for Karimunjawa’s fisher. The location is selected based on centre of gravity method which in coordinate Longitude (x) = 110,353 dan Latitude (y) = 5,817 on google maps . By using optimization methods, obtained optimum payload of 424 ton and the technical spesifications of the armada with length (Lpp) 40,66 meters, width 8,5 meters, height 3,76 meters, loaded 2,72 meters with speed 7 knot. This project is feasible , because the result of the cost benefit ratio is 1,07.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 622.338 2 Had d
Uncontrolled Keywords: Desain Konseptual, Cost Benefit Analysis , Karimunjawa, Stasiun Pengisian bahan baka
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 24 May 2017 03:33
Last Modified: 28 Dec 2017 08:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41364

Actions (login required)

View Item View Item