Desain Crafting And Lunch Table Set Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Guna Menstimulus Kemandirian Anak

Azkya, Sakha Ul (2017) Desain Crafting And Lunch Table Set Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Guna Menstimulus Kemandirian Anak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100069-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
3412100069-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sifat mandiri adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Namun, saat ini banyak orang tua yang kurang sadar akan pentingnya sifat mandiri untuk anak. Salah satu dari berbagai cara yang efektif adalah mengenalkan serta menanamkan sifat mandiri melalui kegiatan bermain dan belajar. Usia 4-6 tahun merupakan usia yang tepat untuk menstimulus sifat mandiri pada anak. Dimana mereka berada di jalur Pendidikan Anak Usia Dini. Selain itu penanaman tersebut juga harus dibiasakan di rumah dan di berbagai tempat. Untuk memberikan penanaman sifat mandiri pada anak, perlu adanya alat bantu yang dapat menarik mereka untuk melakukan kegiatan yang dapat menanamkan sifat mandiri yang dapat ia lakukan sendiri dan yang sesuai dengan karakteristik anak-anak serta memberikan pengalaman secara langsung untuk anak.Melalui kegiatan crafting dan makan, anak dapat di stimulus untuk melakukan kegiatan yang dapat ia lakukan sendiri dari mulai melakukan penataan barang yang terorganisir, pemakaiannya, serta merapihkan kembali ke tempat semula tanpa bantuan orang lain. Metode perancangan yang dilakukan adalah metode shadowing yang menghasilkan analisa permasalahan yang timbul dari kegiatan crafting dan makan. Masalah yang timbul dirangkum dalam affinity diagram untuk menemukan konsep yang tepat dan fitur-fitur yang diberikan pada produk dalam perancangan ini. Konsep yang dihasilkan dari affinity diagram berupa organize, easy cleaning, dan self operated. Desain crafting and lunch set dengan konsep menstimulus kemandirian pada anak yang dapat digunakan di sekolah dan juga dirumah. Hasil perancangan meliputi meja modular, crafting set, dan lunch set yang sesuai dengan ukuran anak untuk usia 4-6 tahun.
==================================================================================================================
Being autonomous or live independently is a must for human. However, even today, there are still many parents who lack of responsibility about how important it is for children. One of many effective ways is to introduce and educate by learning and playing. Stimulating kind of character like live independently is quite correct at 4-6 years old whereas they are in the educating system path. Beside, educating itself must be done at home and everywhere very often. To support statement above, there's a need for a tool which can be attract children to do some kind of work and give the children experience directly about live independently. Through crafting and eating, indepedently characteristic can be stimulate by doing some work by themself, start from organizing goods, how to use it, and clean it neatly. The design method that have been done is shadowing which resulting an analytical problem from crafting and eating. The problem which showing up had been summarised by affinity diagram to find the correct concept and features to be applied to the design. Crafting and lunch set table have been designed with a concept that can stimulate the independently children's characteristic and also can be used at home and school. The design final result is contain a modular table, crafting set, and lunch set which is very appropriate for 4-6 years old children

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 745.5 Azk d
Uncontrolled Keywords: kemandirian, organize, easy cleaning, dan self operated.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 29 May 2017 03:10
Last Modified: 29 May 2017 03:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41393

Actions (login required)

View Item View Item