Perancangan Aplikasi Buku Cerita Anak Interaktif Mengenai Etika Terima Kasih, Tolong, Maaf, Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Anak Usia 7-8 Tahun

Anggraini, Selviana (2017) Perancangan Aplikasi Buku Cerita Anak Interaktif Mengenai Etika Terima Kasih, Tolong, Maaf, Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Anak Usia 7-8 Tahun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100125-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Budaya sopan santun Indonesia semakin lama semakin berkurang. Pendidikan sopan santun harusnya diajarkan sedini mungkin. Sayangnya, keluarga sebagai kontrol sosial tidak menjalankan perannya dengan baik. Orang tua, lebih sibuk bekerja sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengajarkan perilaku dan etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan pengawasan. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan ini adalah merancang sebuah media alternatif yang dapat membantu mengajarkan etika sehari-hari dan untuk menambahkan kemanfaatan media yang saat ini justru banyak memiliki dampak negatif bagi anak usia 7-8 tahun. Proses perancangan ini berpedoman pada pengumpulan data, studi eksisting, studi literature, kuesioner, wawancara, observasi, dan shadowing. Selain digunakan untuk mengidentifikasi masalah, pengumpulan data digunakan untuk menentukan konten dan mendapatkan metode yang sesuai dengan target audien. Metode yang digunakan dalam menyampaikan konten adalah dengan bentuk cerita. Cerita dalam perancangan ini berlatar kehidupan sehari-hari yang akan mempermudah anak dalam memahami isi dan mengimplementasikannya. Hasil dari perancangan ini adalah terancanganya suatu aplikasi buku cerita anak interaktif mengenai etika terima kasih, tolong, maaf, dalam kehidupan seharihari untuk anak usia 7-8 tahun yang dapat diakses pada gadget anak. Agar lebih menarik, penyajian aplikasi menggunakan ilustrasi 2D yang dapat bergerak yang dilengkapi dengan audio narator. Terdapat pula karakter tokoh “Sheela” dan temantemannya yang dapat menjadi contoh bagi anak. Setiap seri cerita dibedakan dengan konten etika sehari-hari yang berbeda sesuai dengan setting tempat. Gaya bahasa yang digunakan juga sangat ringan sehingga mudah dipahami anak. Selain itu juga dilengkapi game sederhana yang mendukung pembelajaran konten etika. ==================================================================================================================Politeness culture in Indonesia has slowly decreased. Politeness education is should be taught in early years. Unfortunately, the family which takes a social control did not play well their role. The parents will busy with their work so they did not have much time to supervise and taught their child about politeness and ethics in daily life. The goal of this project is designing alternative media that help teach ethics in daily life and adding the benefit of media, which have a more negative impact for 7-8 years age children. The design process used several methods to collecting data that is existing study, literature study, questionnaire, interview, observation and shadowing to identified the problems, determined content, and suitable communication methods for the target audience. As for methods that used to communicate the content is through the story with daily life background that will ease the children to understand and implement the content. The Output from this design project is interactive children book application about gratitude, assistance, apologize ethics in daily life for 7-8 years age children that can be accessed in their gadget. To make it more interesting, the presentation of applications used moving 2D illustrations equipped with narrator audio. Character "Sheela" and friends can be role models for children. Each series of the stories have different daily life ethics content according to the place settings. There is simple language that easies to understand and simple game that supported learning ethics content

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 006.696 Ang p
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Cerita Sehari-hari, Etika
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 29 May 2017 03:43
Last Modified: 29 May 2017 03:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41396

Actions (login required)

View Item View Item