Analisa Tegangan Pada Geladak Penumpang Akibat Modifikasi Kapal Penumpang Menjadi Kapal Penumpang Kendaraan

Haryanto, Teguh Rachmat (2017) Analisa Tegangan Pada Geladak Penumpang Akibat Modifikasi Kapal Penumpang Menjadi Kapal Penumpang Kendaraan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4109100083-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tegangan merupakan konsep dasar dalam mempelajari mekanika bahan. Hal utama yang diperhatikan dalam analisa tegangan adalah kekuatan, yaitu kapasitas struktur untuk memikul atau menyalurkan beban. Kapasitas struktur tidak hanya dapat diukur dengan membandingkan tegangan maksimum dengan kekuatan luluh material, tetapi dapat juga dibandingkan dengan tegangan ijin yang disyaratkan Biro Klasifikasi Indonesia, yang tentunya akan lebih aman. Tugas akhir ini menganalisa tegangan yang terjadi pada geladak penumpang yang mengalami modifikasi akibat perubahan muatan menjadi kendaraan yaitu truk 6 roda dengan berat maksimal 14 ton, mobil penumpang dengan berat maksimal 3,5 ton, dan sepeda motor dengan berat maksimal 0,4 ton. Pemodelan struktur geladak menggunakan finite element software. Kondisi batas yang diberikan terhadap model struktur adalah tumpuan jepit dan tumpuan sederhana. Beban yang bekerja pada geladak ini yaitu beban dek yang berasal dari kendaraan-kendaraan diatas geladak dengan tiga rencana susunan kendaraan. Kemudian dilakukan pemodelan pada perangkat lunak untuk di analisa. Hasil analisa menunjukan variasi nilai tegangan maksimum yang terjadi sebesar 135 N/mm2, 133 N/mm2 dan 152 N/mm2. Kemudian tegangan-tegangan maksimum tersebut tidak memberikan pengaruh besar pada struktur geladak penumpang, karena tegangan maksimum yang terjadi menunjukkan nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan tegangan ijin Biro Klasifikasi Indonesia sebesar 175 N/mm2 maupun dengan kekuatan luluh (yield strength) sebesar 235 N/mm2. Sehingga kekuatan struktur geladak penumpang mampu menerima pembebanan kendaraan sesuai dengan 3 rencana susunan kendaraan. ============================================================================================ Stress is a basic concept in the study of mechanics of materials. The main thing that should be considered in the analysis of stress is the strength, the capacity of the structure to carry or distribute the load. The capacity of the structure can not only be measured by comparing the maximum stress to the yield strength of the material, but also can be compared with allowable stress required Indonesian Classification Bureau, which would be safer. This final project analyzes the stress that occurs on the passenger deck which has been modified due to changes in the load into the vehicles, 6 wheels truck with maximum weight of 14 tons, passenger cars with a maximum weight of 3.5 tonnes, and motorcycles with a maximum weight of 0.4 tonnes. Deck structure design isanalyzed using finite element software, which is using fixed and simple supports in boundary conditions. Loads on this deck are from vehicles on the deck with three layout design of the vehicle. Then perform structural modeling in software for analysis. The analysis shows that there is a variation of the maximum stress, which is 135 N/mm2, 133 N/mm2 dan 152 N/mm2. The maximum stress does not influence the structure of the passenger deck, because the value of maximum stress is smaller than the allowable stress Indonesian Classification Bureau of 175 N/mm2 and with a yield strength of 235 N/mm2. So Strength of the passanger deck is capable to get loads from three layout design of vehicle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Geladak, Tegangan, Struktur
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 30 May 2017 01:23
Last Modified: 18 Dec 2017 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41412

Actions (login required)

View Item View Item