Rayandini, Virnanda (2017) Perancangan Aplikasi Interaktif Fisika Cahaya Dan Alat Optik Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Siswa Smp. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
3412100176-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
IPA merupakan ilmu yang menjadi landasan teknologi bagi suatu negara.
Oleh karena itu, IPA menjadi tolak ukur untuk masuk ke perguruan tinggi di
Indonesia dan bahkan di dunia. Fisika merupakan salah satu cabang ilmu
pengetahuan alam (IPA) . Namun, pemahaman konsep dalam fisika sangat rumit
sehingga membuat ilmu tersebut terkesan sulit dan membosankan. Hal ini
menyebabkan menurunnya minat dalam mempelajari fisika yang berdampak pada
rendahnya nilai pelajaran IPA. Hal ini memunculkan urgensi untuk meningkatkan
minat siswa untuk mempelajari fisika melalui media pendukung pembelajaran
fisika yang mampu membimbing mereka sejak tingkat awal, yaitu tingkat SMP.
Perancangan media aplikasi ini dilakukan dengan metode observasi ke
sekolah menengah pertama untuk mengamati proses pengajaran yang dilakukan
oleh guru, dan proses siswa dalam menerima ilmu yang diberikan. Observasi juga
dilakukan terhadap media pendukung pembelajaran fisika yang sudah ada. Depth
Interview terhadap guru dan FGD terhadap pengguna dilakukan untuk
mendapatkan konten media yang sesuai dengan target pasar. Studi literatur
tentang ilmu fisika dasar dan pemahaman konsep fisika yang terdapat pada bukubuku
yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran tahun 2013 untuk mendapatkan
konten media. Seluruh hasil penelitian dianalisa untuk mendapatkan hasil
perancangan yang menyeluruh dan terhubung, sehingga didapatkan konsep desain
berupa interaksi visual prinsip dasar fisika sebagai dasar dari perancangan media
aplikasi ini. Aplikasi ini berisikan tentang sifat-sifat cahaya dan pembentukan
bayangannya dalam kehidupan sehari-hari, serta bagian-bagian dan cara kerja alat
optik pada kehidupan sehari-hari. Pembahasan konten tersebut dikemas dengan
interaksi visual dan animasi sederhana. Perancangan aplikasi ini diharapkan dapat
membantu siswa dalam memahami konsep-konsep fisika dengan lebih mudah dan
menyenangkan.
============================================================================================
Science is the studies that become basis technology of a country.
Therefore science has become benchmark to determine someone’s intellectual to
get in to a college in Indonesia or even all over the country. Physics is one of the
hardest studies that included in science. However in the physics studies, basic
concept understanding is needed before we could learn the next stage of the
concept. But, thus are really complicated that makes it looks hard and boring. This
has led to the decrease of student’s interest for learning this subject that impact
the low grade in science. This gave rise to the urgency for increasing student’s
interest to learn physics through physics supportive educational media, which can
help to guide them from the first step, Junior High School.
The research design of this application is doing by observation in the
middle school to observe teaching process that has been doing by the teacher, and
the understanding process of the students from receiving the subject education.
The observation also doing have on the existing supportive physics education.
Depth Interview have on teacher and focus group discussion on user are doing to
get the suitable content for user. Literature studies about physics basic concept
have on books, websites, videos that suitable with current curriculum for the
content media. The result of all research were analyzed to get a whole and
connected research, so that basic physics visual interactive concept formed as the
base of this design. This app contains with fundamental light’s behaviors and its
shadow’s formation in everyday life, and also it is explains about the parts of the
optical tools and how it works in everyday life. The contents are explained with
visual interaction and simple animation. This app design hopefully could help the
students to understand physics concept with easier and excited way.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSDP 791.433 4 Ray p |
Uncontrolled Keywords: | aplikasi, fisika, media interaktif, SMP |
Subjects: | Q Science > QC Physics T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 03:45 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 02:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41485 |
Actions (login required)
View Item |