Perancangan Aplikasi Interaktif Fisika Cahaya Dan Alat Optik Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Siswa Smp

Rayandini, Virnanda (2017) Perancangan Aplikasi Interaktif Fisika Cahaya Dan Alat Optik Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Siswa Smp. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100176-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan ilmu yang menjadi landasan teknologi bagi suatu negara. Oleh karena itu, IPA menjadi tolak ukur untuk masuk ke perguruan tinggi di Indonesia dan bahkan di dunia. Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam (IPA) . Namun, pemahaman konsep dalam fisika sangat rumit sehingga membuat ilmu tersebut terkesan sulit dan membosankan. Hal ini menyebabkan menurunnya minat dalam mempelajari fisika yang berdampak pada rendahnya nilai pelajaran IPA. Hal ini memunculkan urgensi untuk meningkatkan minat siswa untuk mempelajari fisika melalui media pendukung pembelajaran fisika yang mampu membimbing mereka sejak tingkat awal, yaitu tingkat SMP. Perancangan media aplikasi ini dilakukan dengan metode observasi ke sekolah menengah pertama untuk mengamati proses pengajaran yang dilakukan oleh guru, dan proses siswa dalam menerima ilmu yang diberikan. Observasi juga dilakukan terhadap media pendukung pembelajaran fisika yang sudah ada. Depth Interview terhadap guru dan FGD terhadap pengguna dilakukan untuk mendapatkan konten media yang sesuai dengan target pasar. Studi literatur tentang ilmu fisika dasar dan pemahaman konsep fisika yang terdapat pada bukubuku yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran tahun 2013 untuk mendapatkan konten media. Seluruh hasil penelitian dianalisa untuk mendapatkan hasil perancangan yang menyeluruh dan terhubung, sehingga didapatkan konsep desain berupa interaksi visual prinsip dasar fisika sebagai dasar dari perancangan media aplikasi ini. Aplikasi ini berisikan tentang sifat-sifat cahaya dan pembentukan bayangannya dalam kehidupan sehari-hari, serta bagian-bagian dan cara kerja alat optik pada kehidupan sehari-hari. Pembahasan konten tersebut dikemas dengan interaksi visual dan animasi sederhana. Perancangan aplikasi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep fisika dengan lebih mudah dan menyenangkan. ============================================================================================ Science is the studies that become basis technology of a country. Therefore science has become benchmark to determine someone’s intellectual to get in to a college in Indonesia or even all over the country. Physics is one of the hardest studies that included in science. However in the physics studies, basic concept understanding is needed before we could learn the next stage of the concept. But, thus are really complicated that makes it looks hard and boring. This has led to the decrease of student’s interest for learning this subject that impact the low grade in science. This gave rise to the urgency for increasing student’s interest to learn physics through physics supportive educational media, which can help to guide them from the first step, Junior High School. The research design of this application is doing by observation in the middle school to observe teaching process that has been doing by the teacher, and the understanding process of the students from receiving the subject education. The observation also doing have on the existing supportive physics education. Depth Interview have on teacher and focus group discussion on user are doing to get the suitable content for user. Literature studies about physics basic concept have on books, websites, videos that suitable with current curriculum for the content media. The result of all research were analyzed to get a whole and connected research, so that basic physics visual interactive concept formed as the base of this design. This app contains with fundamental light’s behaviors and its shadow’s formation in everyday life, and also it is explains about the parts of the optical tools and how it works in everyday life. The contents are explained with visual interaction and simple animation. This app design hopefully could help the students to understand physics concept with easier and excited way.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 791.433 4 Ray p
Uncontrolled Keywords: aplikasi, fisika, media interaktif, SMP
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:45
Last Modified: 05 Jun 2017 03:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41485

Actions (login required)

View Item View Item