Permodelan Sistem Suspensi Kendaraan Dengan Menggunakan Software Solidwork

Aisyiyah, Nasyiatul (2016) Permodelan Sistem Suspensi Kendaraan Dengan Menggunakan Software Solidwork. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2113105027-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
2113105027-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis virtual lab dapat digunakan sebagai
alternatif pengganti untuk mengestimasi keterbatasan perangkat
laboratorium. Dengan pembelajaran menggunakan virtual lab
memberikan visualisasi dari fenomena yang terjadi pada
peralatan yang ingin dianalisa, kinematika ataupun dinamika
dari sistem suspensi serta konsep konsepnya yang berkaitan
dengan simulasi.
Dalam tugas Akhir ini akan dilakukan permodelan dan
simulasi dari sistem suspensi kendaraan, dengan menggunakan
tool motion studi pada software solidwork. Langkah awal
kendaraan dimodelkan dengan seperempat kendaraan dan
diilustrasikan sebagai model 2 DOF dengan massa sprung dan
unsprung, model suspensi yang digunakan merupakan tipe
suspensi double wishbone. Dikarenakan percobaan ini adalah
ditujukan mengetahui gerak kinematik dan dinamik dari suspensi
maka parameter dapat dirubah.Perubahan yang dilakukan pada
konstruksi double wishbone dengan melakukan variasi
penempatan dari upper dan lower arm. Proses percobaan
dilakukan dengan memberikan input pada suspensi berupa
gerakan vertikal pada roda sebagai ilustrasi sebagai disturbance
permukaan jalan. hasil simulasi akan dilakukan analisa apakah
hasil simulasi sudah sesuai dengan kondisi real suspensi.
Pemodelan yang dilakukan pada Tugas Akhir ini didapatkan
visualisasi sebagai media peraga dalam pembelajaran dengan
hasil respon dinamis serta gerak kinematik dari sistem suspensi
doule wishbone. Pada pemodelan dengan variasi panjang lengan sistem suspensi didapatkan hasil bahwa dengan perbedaan
lengan memiliki pengaruh pada perubahan respon dinamik.
Geometri lengan yang lebih panjang memiliki perubahan
amplitudo sprung displacement yang lebih tinggi. Pemodelan
variasi yang dilakukan untuk input harmonik dan bump
menyatakan bahwa respon dinamik untuk input harmonik
menghasilkan respon berbentuk sinusoidal

================================================================================

Virtual lab-based learning can be used as an alternative
to estimate the limitations of laboratory equipment. By using a
virtual learning lab gives visualization of phenomena that occur
on the equipment that want to analyzed, the kinematics or
dynamics of the suspension system and the concepts be related
with the simulation.
In this final project will be carried out modeling and
simulation of the vehicle suspension system, using a tool motion
studies in solidwork software. The initial steps were modeled
vehicles with a quarter car and illustrated as a model 2 DOF with
sprung and unsprung mass, suspension models used a double
wishbone type suspension. Due to this experiment is as a purpose
to know kinematic and dynamic motion of the suspension, the
parameters can be changed. the changes made in the construction
of a double wishbone with variations placement of upper and
lower arm. The experiment carried out by providing input on the
suspension in the form of vertical movement on the wheel as an
illustration as road disturbance. simulation results will be
analyzed whether the simulation results are in accordance with
the real conditions of the suspension.
Modeling in this final project obtained visualization as
visual media in learning with the results of dynamic response as
well as the kinematic motion of doule wishbone suspension
system. In the modeling of the length-arm suspension system
variations showed that the difference in arm having an influence on the dynamic response. Geometry longer arms have sprung
displacement amplitude change higher. Modeling variations
made to the input harmonics and bump stated that the dynamic
response to input harmonic generating sinusoidal response.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Ais p
Uncontrolled Keywords: Pemodelan Sistem Suspensi; Virtual Lab; Double wishbone
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:29
Last Modified: 26 Dec 2018 03:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41499

Actions (login required)

View Item View Item