Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Temperatur Dan Tekanan Bahan Bakar Vi-Gas Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Sinjai 650 CC Berbahan Bakar Bifuel (Premium-Vigas)

Putra, Benny Prasetyatna (2016) Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Temperatur Dan Tekanan Bahan Bakar Vi-Gas Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Sinjai 650 CC Berbahan Bakar Bifuel (Premium-Vigas). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2113105018-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ViGas merupakan produk pertamina untuk bahan bakar LGV (Liquefied Gas for Vehicle) yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor. Beberapa keuntungan dari pemanfaatan ViGas sebagai bahan bakar alternatif pada mesin pembakaran dalam karena menghasilkan polutan yang rendah dan memiliki nilai oktan tinggi. Selain itu harga ViGas lebih murah dibandingkan bahan bakar cair (gasoline dan diesel). Penelitian ini difokuskan pada mesin Sinjai 2 silinder 650 cc sistem pemasukan bahan bakar port injection dengan variasi pada temperatur air pemanas pada pressure regulator ViGas. Mekanisme pemanasan yang dilakukan adalah memanaskan air dalam suatu penampung yang telah diset pada temperatur tertentu kemudian air dipompa masuk ke dalam pressure regulator. Variasi temperatur gas yaitu antara 40oC, 50o dan 60oC dengan interval antar variasi sebesar 10o C.Pengujian unjuk kerja dilakukan pengambilan data yang diukur berupa torsi,daya, temperatur (exhaust,cover head silinder, blok silinder, pelumas,) emisi gas buang CO, CO2 dan HC, serta serta 푚̇ bahan bakar dan 푚 ̇ udara. Hasil penelitian diperoleh kenaikan unjuk ke rja mesin sinjai sebagai akibat kenaikan temperatur dan tekanan ViGas. Torsi maksimum yaitu pada saat temperatur ViGas 50 0 C tekanan 1,5 bar putaran 3500 rpm sebesar 32,962 Nm. Torsi ini meningkat dibandingkan torsi maksimum pengujian ViGas tanpa variasi te mperatur dan tekanan,namun masih lebih rendah dibandingkan dengan bensin. Daya maksimum terjadi pada saat temperatur ViGas 50 0 C tekanan 1,5bar putaran 4500 rpm sebesar 14,892 kW. Daya ini mengalami peningkatan dari ViGas tanpa variasi, namun lebih rendah daripada bensin. Tekanan efektif rata -rata (bmep) maksimum terjadi pada temperatur 50oC tekanan 1,5bar putaran 3500 rpm sebesar 6,442 bar. Nilai bmep maksimum ini mengalami peningkatan dibandingkan ViGas tanpa variasi, namun lebih rendah dibandingkan bensin. Emisi CO dan HC pada penggunaan mesin berbahan bakar ViGas dengan penambahan variasi temperatur dan tekanan ViGas mengalami penurunan daripada bahan bakar bensin. ================================================================= Vigas are products fuel LGV (Liquefied Gas for Vehicles) from Pertamina whic h formulated to motor vehicle. The advantage of the utilization of alternative gaseous fuel ViGas is low produce pollutans and high octane number. In addition, the price of the ViGas is cheaper than liquid fuels (gasoline and diesel). This study focused on Sinjai 2 cylinder engine of 650 cc with fuel injection port system and the temperature variations in the water heater of ViGas pressure regulator. Heating mechanism is heat water in a reservoir that had been set at a certain temperatu re and then water is pumped into the pressure regulator. Variation of the gas temperature is 40 o ,50 o C and 60 o C with additions 10 o C intervals between variations of temperatures. At the inlet and outlet on the Vigas pressure regulator installed thermocouple to determine changes temperature ViGas after heating. Tests conducted retrieval performance measured data in the form of torque, power, temperature ( exhaust,cover head cylinder ,block cylinder ,oil) gas emissions CO, CO2 and HC, and fuel mass flow rate ( 푚̇ fuel) and air mass flow rate ( 푚̇ air) . The results obtained that Sinjai machine’s performance is increases as a result of rising temperatures and pressure ViGas . The maximum torque that is in the ViGas temperature 50°C, pressure 1,5 bar and 3000 rpm about 32,962 Nm. This torque is increased compared to the maximum torque in ViGas without variation, t but still lower than gasoline. The maximum force is in the ViGas temperature occurs at 5 0 ° C, pressure 1,5 bar, and rotation 4500 rpm about 1 4,892 kW. These forces have increased compared to the data ViGas without variation, but still lower than gasoline. Brake mean effective pressure (bmep) maximum occurs at ViGas temperature 50 o C, pressure 1,5 bar, and 3000 rpm rotation about 6,442 bar . This is increase compared with ViGas without variation test, but still lower than gasoline. HC and CO emissions from ViGas fueled -engine with pressure and temperature variations ViGas decline compared with the gasoline fueled -engine.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.43 Put s
Uncontrolled Keywords: Liquefied Gas for Vehicle(LGV); ViGas; temperatur; heater; Mesin sinjai
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 07 Jun 2017 07:25
Last Modified: 27 Dec 2018 04:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41523

Actions (login required)

View Item View Item