Evaluasi Runway, Pengisian Bahan Bakar, Bus Penumpang Pesawat Untuk Mengurangi Antrian Yang Menyebabkan Delay Dengan Metode Simulasi (Study kasus di Bandara Internasional Juanda Surabaya)

Putra, Wahyu Arfi (2015) Evaluasi Runway, Pengisian Bahan Bakar, Bus Penumpang Pesawat Untuk Mengurangi Antrian Yang Menyebabkan Delay Dengan Metode Simulasi (Study kasus di Bandara Internasional Juanda Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2108100134-undergraduate thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Delay merupakan salah satu masalah di Bandara yang merugikan bagi penumpang maupun maskapai baik secara materi maupun waktu. Di Bandara Internasional Juanda rata- rata delay kedatangan pesawat lebih dari 30 menit dengan prosentase 25%. Sedangkan rata – rata delay keberangkatan lebih dari 30 menit dengan prosentase delay keberangkatan sebesar 20%. Angka delay dapat diperparah dengan adanya kenaikan pergerakan pesawat sebesar 9% pertahun berdasarkan forecast tahunan Bandara Internasional Juanda. Untuk mengetahui faktor penyebab delay, digunakan metode simulasi. Simulasi dilakukan dengan mencari waktu antrian pesawat terhadap pemakaian runway, antrian akan kebutuhan truk bahan bakar, bus penumpang untuk pesawat. Simulasi dilakukan dengan menjadwalkan pesawat sesuai jadwal kemudian pesawat dibedakan dengan jenis pesawat, tujuan terminal, lama ground handling, lama melalui taxiway kemudian di set dengan atribut estimasi kedatangan dan keberangkatan. Program dijalankan kemudian dilihat waktu antrian untuk masing – masing lama antrian pemakaian runway, truk bahan bakar dan vi bus. Kemudian dilakukan evaluasi antrian yang terjadi dapat menyebabkan keterlambatan pesawat dengan fasilitas yang ada sekarang. Kemudian dengan pertumbuhan pesawat 9% pertahun maka antrian akan meningkat dengan meningkatnya waktu antrian dapat menyebabkan meningkatnya angka keterlambatan sehingga perlu adanya evaluasi antrian di runway, dan juga penambahan fasilitas truk bahan bakar serta bus penumpang. Berdasarkan hasil simulasi tahun 2013 prosentase keterlambatan keberangkatan pesawat 30% sedangkan pada tahun 2018 47%. Faktor penyebab delay di Bandara Juanda adalah faktor non teknis operasional yaitu keterlambatan kedatangan pesawat dengan penambahan waktu delay disebabkan oleh adanya antrian bus ataupun bahan bakar dan runway. ============================================================================================ Delay is one of the problems at the airport and airline passengers detrimental to both money and time. At Juanda International Airport flight arrival delays on average more than 30 minutes with a percentage of 25%. While the average departure delay of more than 30 minutes with a percentage of 20% delay departure. Delay can be compounded by an increasing movements at 9% every year based on annual forecast Juanda Internasional Airport. To determine the cause of the delay, used simulation methods. Simulation is done by finding the best time to use the runway queue, the queue for fuel truck, bus passengers to the aircraft. Simulations carried out by aircraft scheduling on schedule then the plane is distinguished by the type of aircraft, destination terminal, ground handling time, taxiways time in the set with the estimated arrival and departure attributes. The program starts and see queuing time for each queues for occupation runway, fuel trucks and buses. Then the evaluation queue could cause delays plane with existing facilities. Then the viii plane growth of 9% every year then the queue will increase with time queuing delay can lead to increased rates so that the need for evaluation of the queue on the runway, and also the addition of a fuel truck facilities and bus passengers. Based on the simulation results of 2013 the percentage of flight departure delays of 30%, while in 2018 47%. Factors causing delay in Juanda Airport is a non-technical factors that delay the arrival of aircraft operations with the addition of a time delay caused by a bus queue or fuel and runway.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.136 3 Put e
Uncontrolled Keywords: bus, landasan pacu, simulasi, truk bahan bakar
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 08 Jun 2017 05:57
Last Modified: 08 Jun 2017 05:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41534

Actions (login required)

View Item View Item