Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Kecepatan Swirler Air Terhadap Panjang Nyala Pada Pembakaran Bahan Bakar Batubara

Cahyo, Bambang Nur (2015) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Kecepatan Swirler Air Terhadap Panjang Nyala Pada Pembakaran Bahan Bakar Batubara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111106009-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring berjalannya tahun harga bahan bakar minyak semakin melambung. Oleh karena itu orang-orang berupaya untuk menekan penggunaan bahan bakar minyak dengan yang lain, salah satunya dengan menggunakan bahan bakar batubara. Coal oil burner adalah bentuk burner yang menggunakan solar dan batubara sebagai bahan bakar utamanya. Dimana bahan bakar solar dan batubara akan dibakar pada saat start up. Akan tetapi bahan bakar solar hanya digunakan untuk membantu penyalaan awal guna mendapatkan nyala api yang diperlukan. Ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi pada burner tersebut. Pada Tugas Akhir ini, dirancang sebuah model sistem burner yang digunakan pada saat start up boiler. Dalam percobaan ini dilakukan variasi kecepatan swirler air pada kecepatan carrying air yang konstan. Variasi kecepatan swirler air sebesar 21,92 m/s, 17,39 m/s, dan 13,34 m/s sedangkan kecepatan carrying air sebesar 17,2 m/s. Setelah itu dilakukan pengukuran panjang nyala pada tiap tingkat kecepatan swirler air. Panjang nyala dimulai saat batubara mulai terbakar pada oil burner sampai pada panjang nyala api terakhir. Panjang nyala diukur dengan menggunakan meteran. Selain itu dalam dalam vi percobaan juga diambil data tentang waktu habisnya bahan bakar batubara dengan massa 2 kg, serta laju pembakaran per satuan panjang dengan variasi pada kecepatan swirler air. Dari perancangan dan pengujian didapatkan bahwa secara keseluruhan sistem yang dirancang telah berjalan dengan cukup baik. Dan dapat diketahui bahwa pada kecepatan 21,92 m/s dari swirler air mempunyai panjang nyala terendah dibandingkan pada kecepatan yang lain yaitu sebesar 3,18 m. Akan tetapi mempunyai laju pembakaran per satuan panjang tertinggi yaitu sebesar 94,536 kg/hr.m. ============================================================================================ Over the year the price of fuel is getting bounced. Hence the attempt to suppress the use of fuel oil with the other, one using coal fuel. Coal oil burner is a burner that uses a form of diesel and coal as its primary fuel. Where diesel fuel and coal will be burned at start up. However, diesel fuel is only used to help startup in order to obtain the required flame. This was done in an effort to improve the efficiency of the burner. In this final project, we designed a system model burner used at start-up boiler. In this experiment to varation of the swirler air speed at a constant speed of carrying air. Variations in swirler air speed is 21.92 m / s, 17.39 m / s, 13.34 m / s while carrying air speed in 17.2 m / s. After the flame length measured at each level of the swirler air speed. The length of the flame begins when coal began to burn the oil burner flame until at long last. Flame length was measured by using a ruler. In addition, in the experiment also taken time data about runs out of coal with a mass of 2 kg, and the burning rate per unit length with variation in the speed of the swirler air. From designing and testing it was found that the overall system is designed has been running pretty well. And it is known that the speed of 21.92 m / s of swirler air has the lowest flame viii length as compared to the speed of the other speed is 3.18 m. But has the highest burning rate per unit length that is 94.536 kg / hr.m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.402 3 Cah s
Uncontrolled Keywords: Coal, Coal Oil Burner, Solar, Start Up
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223_Programmable controllers
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:00
Last Modified: 09 Jun 2017 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41548

Actions (login required)

View Item View Item