Analisa Fork Sepeda Jenis Carbon Fiber Road Bike Menggunakan Software Berbasis Elemen Hingga Berdasarkan Standar Pengujian Cen 14781

Nugraha, Filipi Cahya Adi (2016) Analisa Fork Sepeda Jenis Carbon Fiber Road Bike Menggunakan Software Berbasis Elemen Hingga Berdasarkan Standar Pengujian Cen 14781. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2113105002-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
2113105002-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di dalam dunia sepeda, carbon fiber merupakan material
baru dalam pembuatan frame maupun fork sepeda. Tujuan dari
penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap material carbon
fiber sebagai material fork road bike. Analisa dilakukan
berdasarkan defleksi, faktor keamanan, dan interlaminar shear
stress yang terjadi oleh pembebanan yang mengacu pada standar
pengujian CEN 14781.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu struktur fork
dalam kondisi tidak aman berdasarkan standar pengujian CEN
14781, dimana defleksi yang terjadi sebesar 5,24 mm untuk
pengujian static bending. Dari hasil analisa diperoleh pula
susunan kombinasi sudut ply yang terbaik untuk fork sepeda, yaitu
[0/90/45/-45/0]s dengan steel sebagai material steerer tube dan
drop out. Penambahan jumlah ply dan penggantian material pada
bagian steerer tube dan drop out fork sepeda memberikan
pengaruh yang semakin baik terhadap struktur fork, ditunjukkan
dengan nilai defleksi terbesar yang menurun dari 10,237 mm
menjadi 5,82 mm dan interlaminar shear stress terbesar yang
menurun dari 358,4 MPa menjadi 168,5 MPa.

=============================================================================

In bicycle world, carbon fiber is new material for making
of bicycle frame or fork. The purpose of this observation is to
analyze carbon fiber as road bike fork material. Analysis is done
by deflection, safety factor and interlaminar shear stress that
happened by loading which refers to testing standard CEN 14781.
The results of this study are fork structure is in not safe
condition based on testing standard CEN 14781, which the
deflection that happened as big as 5,24 mm for static bending test.
It is also known the best stacking combination as bicycle fork is
[0/90/45/-45/0]s and steel as steerer tube and drop out material.
Ply addition and material changing give a boost to strength of fork
structure, and is showed by reduction of the maximum deflection
from 10,237 mm to 5,82 mm and reduction of the maximum
interlaminar shear stress from 358,4 MPa to 168,5 MPa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 668.42 Nug a
Uncontrolled Keywords: Carbon fiber; CEN 14781; fork; interlaminar shear stress; metode elemen hingga; teori Tsai-Wu; finite element method; interlaminar shear stress; Tsai-Wu theory
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:58
Last Modified: 27 Dec 2018 03:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41565

Actions (login required)

View Item View Item