Analisa Fork Sepeda Jenis Carbon Fiber Road Bike Menggunakan Software Berbasis Elemen Hingga Berdasarkan Standar Pengujian Cen 14781

Nugraha, Filipi Cahya Adi (2016) Analisa Fork Sepeda Jenis Carbon Fiber Road Bike Menggunakan Software Berbasis Elemen Hingga Berdasarkan Standar Pengujian Cen 14781. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2113105002-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di dalam dunia sepeda, carbon fiber merupakan material baru dalam pembuatan frame maupun fork sepeda. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap material carbon fiber sebagai material fork road bike. Analisa dilakukan berdasarkan defleksi, faktor keamanan, dan interlaminar shear stress yang terjadi oleh pembebanan yang mengacu pada standar pengujian CEN 14781. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu struktur fork dalam kondisi tidak aman berdasarkan standar pengujian CEN 14781, dimana defleksi yang terjadi sebesar 5,24 mm untuk pengujian static bending. Dari hasil analisa diperoleh pula susunan kombinasi sudut ply yang terbaik untuk fork sepeda, yaitu [0/90/45/-45/0]s dengan steel sebagai material steerer tube dan drop out. Penambahan jumlah ply dan penggantian material pada bagian steerer tube dan drop out fork sepeda memberikan pengaruh yang semakin baik terhadap struktur fork, ditunjukkan dengan nilai defleksi terbesar yang menurun dari 10,237 mm menjadi 5,82 mm dan interlaminar shear stress terbesar yang menurun dari 358,4 MPa menjadi 168,5 MPa. ============================================================================= In bicycle world, carbon fiber is new material for making of bicycle frame or fork. The purpose of this observation is to analyze carbon fiber as road bike fork material. Analysis is done by deflection, safety factor and interlaminar shear stress that happened by loading which refers to testing standard CEN 14781. The results of this study are fork structure is in not safe condition based on testing standard CEN 14781, which the deflection that happened as big as 5,24 mm for static bending test. It is also known the best stacking combination as bicycle fork is [0/90/45/-45/0]s and steel as steerer tube and drop out material. Ply addition and material changing give a boost to strength of fork structure, and is showed by reduction of the maximum deflection from 10,237 mm to 5,82 mm and reduction of the maximum interlaminar shear stress from 358,4 MPa to 168,5 MPa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 668.42 Nug a
Uncontrolled Keywords: Carbon fiber; CEN 14781; fork; interlaminar shear stress; metode elemen hingga; teori Tsai-Wu; finite element method; interlaminar shear stress; Tsai-Wu theory
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:58
Last Modified: 27 Dec 2018 03:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41565

Actions (login required)

View Item View Item