Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Dari Hydro-Magneto Electric Regenerative Shock Absorber Pada Sistem Suspensi Truk Dengan Kapasitas Engine 4000 CC

Tri, Ayu Rachmawati (2016) Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Dari Hydro-Magneto Electric Regenerative Shock Absorber Pada Sistem Suspensi Truk Dengan Kapasitas Engine 4000 CC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2113105009-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
2113105009-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Truk merupakan sebuah kendaraan bermotor yang
berfungsi untuk mengangkut barang jarak jauh. Sebuah truk
dapat berjalan dan berfungsi dikarenakan terdapat sebuah mesin
di dalamnya. Mesin pada truk tentunya membutuhkan bahan
bakar agar dapat bekerja. Pada penelitian terdahulu energi dari
bahan bakar yang termanfaatkan untuk menggerakan kendraan
hanya sebesar 18% - 25%. Dan juga diketahui bahwa potensi
energi yang bisa dihasilkan oleh suspensi dari kendaraan truk
berkisar 1kw – 10kw.
Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan pemodelan dan
analisa respon dinamis dan energi bangkitan dari Hydro-
Magneto Electric Regenerative Shock Absorber menggunakan
software MATLAB. Input yang digunakan adalah step dan
harmonik. Pada tugas akhir ini, dibuat pemodelan secara teoritis,
simulasi, serta analisis perbedaan antara suspensi miring dan
tegak. Diawali dengan simulasi pada HMERSA dengan variasi
frekuensi, kemudian dari hasil simulasi akan didapatkan
koefisien redaman yang sesuai dengan kendaraan yaitu dengan
dengan truk dengan frekuensi 1.7 Hz. Hasil redaman yang
didapat akan digunakan sebagai parameter HMERSA yang
dipasang pada seperempat kendaraan.
Parameter simulasi sistem HMERSA ini disesuaikan
dengan jurnal internasional yang telah ada. Metodologi
penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, pemodelan sistem
HMERSA, kemudian pemodelan sistem seperempat kendaraan
dengan HMERSA tegak dan mirng. Dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa gaya redam yang dihasilkan oleh HMERSA
miring lebih kecil daripada HMERSA tegak. Dari sistem
HMERSA tegak, didapatkan nilai gaya redam ekspansi terbesar
4279 N sedangkan HMERSA miring sebesar 4752N. Pada sistem
quarter car dengan HMERSA miring dihasilkan respon dinamis
yaitu perpindahan maksimum 4.798m dan kecepatan 8.57 m/s.
Pada sistem quarter car dengan HMERSA dihasilkan respon
dinamis dengan variasi kecepatan 20km/jam, 40km/jam dan
60km/jam. Perpindahan terbesar terjadi pada kecepatan 60
km/jam yaitu sebesar 4.8m, , kecepatan sebesar 7 m/s, dan
gaya redam maksimum sebesar 2.112 x 105 N. Untuk hasil
respon kelistrikan, daya listrik maksimum yang dapat
dibangkitkan yaitu sebesar 100 watt dengan arus listrik
maksimum 5A dan tegangan listrik sebesar 20V.

=====================================================================================

Truck is one motor vehicle to carry a stuff to far far
away. A truck can drive because of there is an engine inside it. An
engine of a truck of course needed a fuel to work. Old research of
an energy proofed that fuel which used to moving a vehicle is just
18% - 25%. And also known that the potential of the energy be
produced by the truck suspension is nearly 1 kW - 10 kW.
In this study will do a modeling and analyzing the
dynamic response and renewable energy from Hydro- Magneto
Electric Regenerative Shock Absorber with used MATLAB
software. Input to be used are step and harmonic. In this study
made a simulation modeling theoretical, simulation, and different
analysis between straight and skew suspension. First done with
simulation in HMERSA with variety frequency, then from the
result of the simulation got the damping coefficient which fit with
the truck with 1.7 Hz frequency. The damping result will be used
for the HMERSA parameter which be installed on the quarter of
the vehicle.
This HMERSA simulation parameter fitted with existed
international journal. the Research method is literature study,
HMERSA system modeling, then quarter vehicle system modeling
with HMERSA straight and skew suspension. From this research
conclude that the damping force from skew HMERSA is tinier
than a straight HMRSA. From straight HMRSA got the result of expansion damping force is 4279N, while from skew HMRSA is
4752N. In quarter car system with skew HMRSA resulted a
dynamic response, maximum acceleration 4.798m and the
velocity is 8.56 m/s. In quarter car system with HMRSA resulted a
dynamic response with velocity variety 20 km/hour, 40 km/hour
and 60 km/hour. The biggest movement 4.8 mi s on the 60
km/hour, 7m/s velocity and maximum damping force is 2.112 x
101 N. For electricity response,maximum electricity power is 100
watt with 5A current and 20V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Tri p
Uncontrolled Keywords: Regenerative Shock Absorber; truk; kendaraan berat; sistem suspensi; Regenerative Shock Absorber; Truck; Heavy Vehicle; Suspension system
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 09 Jun 2017 05:19
Last Modified: 27 Dec 2018 08:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41566

Actions (login required)

View Item View Item