Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Dari Hydro-Magneto Electric Regenerative Shock Absorber Pada Sistem Suspensi Truk Dengan Kapasitas Engine 4000 CC

Tri, Ayu Rachmawati (2016) Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Dari Hydro-Magneto Electric Regenerative Shock Absorber Pada Sistem Suspensi Truk Dengan Kapasitas Engine 4000 CC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2113105009-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Truk merupakan sebuah kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mengangkut barang jarak jauh. Sebuah truk dapat berjalan dan berfungsi dikarenakan terdapat sebuah mesin di dalamnya. Mesin pada truk tentunya membutuhkan bahan bakar agar dapat bekerja. Pada penelitian terdahulu energi dari bahan bakar yang termanfaatkan untuk menggerakan kendraan hanya sebesar 18% - 25%. Dan juga diketahui bahwa potensi energi yang bisa dihasilkan oleh suspensi dari kendaraan truk berkisar 1kw – 10kw. Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan pemodelan dan analisa respon dinamis dan energi bangkitan dari Hydro- Magneto Electric Regenerative Shock Absorber menggunakan software MATLAB. Input yang digunakan adalah step dan harmonik. Pada tugas akhir ini, dibuat pemodelan secara teoritis, simulasi, serta analisis perbedaan antara suspensi miring dan tegak. Diawali dengan simulasi pada HMERSA dengan variasi frekuensi, kemudian dari hasil simulasi akan didapatkan koefisien redaman yang sesuai dengan kendaraan yaitu dengan dengan truk dengan frekuensi 1.7 Hz. Hasil redaman yang didapat akan digunakan sebagai parameter HMERSA yang dipasang pada seperempat kendaraan. Parameter simulasi sistem HMERSA ini disesuaikan dengan jurnal internasional yang telah ada. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, pemodelan sistem HMERSA, kemudian pemodelan sistem seperempat kendaraan dengan HMERSA tegak dan mirng. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya redam yang dihasilkan oleh HMERSA miring lebih kecil daripada HMERSA tegak. Dari sistem HMERSA tegak, didapatkan nilai gaya redam ekspansi terbesar 4279 N sedangkan HMERSA miring sebesar 4752N. Pada sistem quarter car dengan HMERSA miring dihasilkan respon dinamis yaitu perpindahan maksimum 4.798m dan kecepatan 8.57 m/s. Pada sistem quarter car dengan HMERSA dihasilkan respon dinamis dengan variasi kecepatan 20km/jam, 40km/jam dan 60km/jam. Perpindahan terbesar terjadi pada kecepatan 60 km/jam yaitu sebesar 4.8m, , kecepatan sebesar 7 m/s, dan gaya redam maksimum sebesar 2.112 x 105 N. Untuk hasil respon kelistrikan, daya listrik maksimum yang dapat dibangkitkan yaitu sebesar 100 watt dengan arus listrik maksimum 5A dan tegangan listrik sebesar 20V. ===================================================================================== Truck is one motor vehicle to carry a stuff to far far away. A truck can drive because of there is an engine inside it. An engine of a truck of course needed a fuel to work. Old research of an energy proofed that fuel which used to moving a vehicle is just 18% - 25%. And also known that the potential of the energy be produced by the truck suspension is nearly 1 kW - 10 kW. In this study will do a modeling and analyzing the dynamic response and renewable energy from Hydro- Magneto Electric Regenerative Shock Absorber with used MATLAB software. Input to be used are step and harmonic. In this study made a simulation modeling theoretical, simulation, and different analysis between straight and skew suspension. First done with simulation in HMERSA with variety frequency, then from the result of the simulation got the damping coefficient which fit with the truck with 1.7 Hz frequency. The damping result will be used for the HMERSA parameter which be installed on the quarter of the vehicle. This HMERSA simulation parameter fitted with existed international journal. the Research method is literature study, HMERSA system modeling, then quarter vehicle system modeling with HMERSA straight and skew suspension. From this research conclude that the damping force from skew HMERSA is tinier than a straight HMRSA. From straight HMRSA got the result of expansion damping force is 4279N, while from skew HMRSA is 4752N. In quarter car system with skew HMRSA resulted a dynamic response, maximum acceleration 4.798m and the velocity is 8.56 m/s. In quarter car system with HMRSA resulted a dynamic response with velocity variety 20 km/hour, 40 km/hour and 60 km/hour. The biggest movement 4.8 mi s on the 60 km/hour, 7m/s velocity and maximum damping force is 2.112 x 101 N. For electricity response,maximum electricity power is 100 watt with 5A current and 20V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Tri p
Uncontrolled Keywords: Regenerative Shock Absorber; truk; kendaraan berat; sistem suspensi; Regenerative Shock Absorber; Truck; Heavy Vehicle; Suspension system
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 09 Jun 2017 05:19
Last Modified: 27 Dec 2018 08:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41566

Actions (login required)

View Item View Item