Marta, Juli (2016) Simulasi Pengujian Fatigue Pada Fork Racing Bicycle Menggunakan Standar Cen 14781. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2113105010-Undergraduate-Theses.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada proses perancangan sepeda, kekuatan dan keamanan
dari rangka sepeda merupakan hal yang harus menjadi perhatian
utama. Terutama pada bagian fork sepeda, sehingga dalam
perancangan fork merupakan hal yang penting. Kenyamanan dan
keamanan sangatlah ditentukan dari geometri dan jenis material
yang digunakan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tegangan
kritis dan perkiraan umur pakai akibat pengujian yang dilakukan.
Pengujian yang dipakai untuk mengetahui fatigue pada
rangka fork sepeda yaitu pengujian “fork – bending fatigue test”
yang ada pada European Committee for Standardization (CEN)
14781 (Racing bicycles — Safety requirements and test methods).
Dimana pemodelan pembebanan dilakukan dengan static and
fatigue bending test. Dalam analisa penelitian ini akan
menggunakan perangkat lunak berbasis metode elemen hingga,
yaitu SOLIDWORKS 2012.
Variasi yang paling baik untuk struktur fork yang akan
digunakan yaitu jenis material AISI 4130 dengan ketebalan diatas
1,4 mm. Untuk meningkatkan nilai life minimum pada jenis
material Aluminium 6061 T6, dilakukan perbaikan atau
menambah ketebalan pada fork yaitu dengan ketebalan menjadi
3,4 mm pada bagian steer dan blade fork, didapatkan hasil life
minimum 102.900 cycles dan safety factor 1,004 Sehingga
struktur dari fork menunjukkan aman untuk digunakan dimana
batas life yang diijinkan minimum yaitu 100000 cycles.
======================================================================================
Process of design on a bike, strength and safety of a
bicycle frame is a thing that should be a major concern.
Especially on the bike fork, result in the design of the fork is
important. The aim simulation is determine the critical stress and
the estimated useful life as a result of tests performed.
Specification of geometry and material properties fork bicycle is
important
Fatigue testing for determine the fatigue life on fork
front bike is "fork - bending fatigue test" at the European
Committee for Standardization (CEN) 14781 (Racing bicycles -
Safety requirements and test methods). Modeling use static and
fatigue bending test.. In the analysis of this study will use a
software based on the finite element method is SOLIDWORKS
2012.
The variation of the best value for the fork structure that
will be used are the type of material AISI 4130 with a thickness
above 1,4 mm. To increase the value of the minimum life on the
type of material aluminum 6061 T6, repairs or increase the
thickness of the fork is the thickness to 3.4 mm at the steer and
blade fork, the result 102 900 cycles minimum life and safety
factor of 1,004 Thus the structure of the fork shown to be safe to
be used where the minimum allowable life limit is 100000 cycles.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 620.112 6 Mar s |
Uncontrolled Keywords: | fatigue; metode elemen hingga; fork racing bicycle; CEN 14781; finite element method; racing bicycle fork |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Anis Wulandari |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 06:05 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 02:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41567 |
Actions (login required)
View Item |