Reinterpretasi Permukaan Dimensi Tiga Menggunakan Metode Delaunay Triangulation Dengan Pendekatan Luminansi Pada Citra Wajah Manusia

Widyasari, - (2015) Reinterpretasi Permukaan Dimensi Tiga Menggunakan Metode Delaunay Triangulation Dengan Pendekatan Luminansi Pada Citra Wajah Manusia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212205013-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Vector art triangulation merupakan salah satu gaya desain yang unik dan khas dengan bentuk segitiga (triangle), di mana hasil dari pembuatan vector art triangulation ini berupa reinterpretasi atau kemiripan dengan objek aslinya. Dalam penelitian ini, pembuatan vector art triangulation terfokus pada citra wajah manusia yang memiliki fitur-fitur wajah sebagai pembeda setiap wajah manusia agar mudah terkenali identitas dan ekspresi pada wajah tersebut. Kombinasi beberapa metode dalam teknik pengolahan citra merupakan perkembangan teknologi yang dapat melakukan proses otomasi (non-manual) pada pembuatan vector art triangulation ini. Sebuah citra wajah manusia akan menghasilkan sekumpulan titik-titik (vertex) dengan jumlah yang banyak pada permukaan citra. Kebutuhan akan normalisasi banyaknya jumlah vertex digunakan metode Active Appearance Model (AAM) yang mampu mendeteksi fitur-fitur wajah pada citra dengan memberikan label atau penanda pada fitur-fitur tersebut. Dengan menggunakan metode Delaunay triangulation, setiap tiga titik akan saling terhubung dan membentuk tautan pola segitiga dengan ukuran dan bentuk yang non-homogen. Tahap akhir pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan luminansi, di mana setiap daerah pada citra wajah manusia memiliki tingkat kecerahan warna yang berbeda. Terkait dengan pendekatan ini, setiap mesh triangulasi yang telah terbentuk akan memiliki warna yang berbeda. Untuk menentukan warna setiap mesh triangulasi, dapat menggunakan cara dengan mencari nilai titik tengah daerah citra wajah yang dibatasi oleh setiap mesh triangulasi. Kemudian menggambar ulang mesh triangulasi menggunakan nilai titik tengah tersebut sehingga mesh triangulasi baru yang telah terbentuk mempunyai warna isi (fill) yang solid sesuai dengan nilai titik tengah. Selanjutnya dengan berpedoman pada kontur wajah manusia, penambahan atau pengurangan nilai kedalaman (z) pada vertex dilakukan untuk menghasilkan mesh triangulasi yang berdimensi tiga. ============================================================================================ Vector art triangulation is one of design style that unique and distinctive with a triangular form (triangle), in which the results of making it will be reinterpretation or resemblance to its original object. In this research, making vector art triangulation focused on human face image that has face features as differentiation for any human face, so it make easily recognized of identity and expression in the face. A combination of several methods in technics image processing is an outgrowth technology that could perform the process automation (non-manual) to making this vector art triangulation. A human face image will produce some points (vertex) with many amount on the image surface. The needed for normalization of many vertex was used Active Appearance Model (AAM) method that capable to detection face features on image by giving a label or marker on its features. By using Delaunay triangulation method, every three point will be totally interconnected and forming a pattern triangle with non-homogen size and shape. The last stage in this research was using luminance approach, in which each area on human face image having a level of color brightness was different. Associated with this approach, each mesh triangulation has formed will have a different color. To determine the color of each mesh triangulation, can use a way to find the value of middle point of the face image is limited by any mesh triangulation. Then redraw mesh triangulation using the value of middle point, so a new mesh triangulation has formed will have the fill that solid based on the value of the middle point. Next according to the contours of the human face, addition or reduction value of the depth (z) in vertex undertaken to produce a three dimensional mesh triangulation.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 006.42 Wid r
Uncontrolled Keywords: Active Appearance Model, Citra Wajah Manusia, Delaunay Triangulation, Luminansi, Mesh Triangulasi, Vector Art Triangulation, Warna
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Jun 2017 07:45
Last Modified: 09 Jun 2017 07:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41572

Actions (login required)

View Item View Item