Potensi Pengalihan Moda Sepeda Motor Ke Angkutan Kota Bagi Pekerja Ulang-Alik Gresik-Surabaya (Studi Kasus: Kecamatan Menganti)

Louisa, Veronica (2016) Potensi Pengalihan Moda Sepeda Motor Ke Angkutan Kota Bagi Pekerja Ulang-Alik Gresik-Surabaya (Studi Kasus: Kecamatan Menganti). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3611100075-Undergraduate-Theses.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Gresik merupakan wilayah suburban Kota Surabaya yang menerima imbas perluasan kegiatan di pusat Kota Surabaya berupa perluasan permukiman, salah satunya adalah Kecamatan Menganti. Fenomena ini mengakibatkan tingginya mobilitas ulang-alik yang dilakukan oleh pekerja yang berdomisili di Gresik. Pergerakan ulang-alik Gresik-Surabaya ini didominasi oleh sepeda motor sehingga menimbulkan kemacetan di dalam Kota Surabaya. Sementara untuk melayani pergerakan Gresik-Surabaya telah disediakan angkutan kota (lyn JM). Namun keberadaan angkutan kota (Lyn JM) ini kurang diminati. Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pengalihan moda dari sepeda motor ke angkutan kota bagi pekerja ulang-alik Gresik-Surabaya, khususnya bagi pelaku pergerakan di Kecamatan Menganti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi logit biner untuk menghitung peluang pengalihan moda. Analisis dilakukan berdasarkan pada karakteristik fasilitas moda, yaitu variabel biaya dan waktu. Selain itu juga digunakan analisis Crosstabs untuk mengetahui perbedaan dalam memilih moda berdasarkan karakteristik pelaku pergerakan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa perbedaan tujuan pergerakan dan waktu kepulangan pelaku pergerakan mempengaruhi pelaku dalam memilih moda. Potensi pengalihan moda sepeda motor ke angkutan kota dapat dilakukan dengan menurunkan atribut waktu dan biaya angkutan kota. Penurunan kedua atribut ini dapat meningkatkan peluang terpilihnya angkutan kota dari 1,09% menjadi 17,67%. ============================================================================= Gresik is a suburban area of Surabaya who receive induced expansion of activities in the central city of Surabaya in the form of expansion of the settlements, one of which is the Menganti Subdistrict. This phenomenon results a high mobility of commuting performed by workers who live in Gresik. The commuting movement of Gresik-Surabaya is dominated by motorcycles, causing congestion in the city of Surabaya. Meanwhile, to serve the movement of Gresik-Surabaya, the government has provided public transportation (lyn JM). But the existence of the public transportation (Lyn JM) is less desirable. Based on this phenomenon, this study aims to identificate the potential of modal shift of the motorcycle to the public transportation usage for Gresik-Surabaya commuter, especially for commuter in the Menganti Subdistrict. The method used in this research is descriptive quantitative and the analysis technique used is binary logistic to calculate modal shift odds. The analysis is based on the characteristics of the facility modes, which is variable cost and time. It also uses Crosstabs analysis to determine differences in choosing a mode based on the characteristics of commuter. The results is that the differences the destination and departure time of commuting influencing the commuters in selecting modes. Modal shift potential of motorcycle to public transportation usage can be done by lowering the time and cost attributes of public transportation. Reducing both of these attributes may increase the odds of public transportation to be chosen from 1.09% to 17.67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 388.413 12 Lou p
Uncontrolled Keywords: Angkutan Kota; Kecamatan Menganti; Pengalihan Moda; Sepeda Motor; Public Transportation; Menganti Subdistrict; Modal Shift, Motorcycles
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:31
Last Modified: 27 Dec 2018 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41585

Actions (login required)

View Item View Item