Penggunaan Angka Keterkaitan Untuk Penentuan Tingkat Aksesibilitas Kota/Kabupaten Di Wilayah Provinsi Jawa Timur

Al Ghiffary, Misbah (2016) Penggunaan Angka Keterkaitan Untuk Penentuan Tingkat Aksesibilitas Kota/Kabupaten Di Wilayah Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112040609-Non-Degree.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Wilayah tertinggal adalah wilayah yang tingkat kemajuannya relatif lebih rendah dibandingkan dengan wilayahwilayah lain, sehingga untuk mengatasi wilayah tersebut diperlukan penyediaan fasilitas jaringan transportasi yang dapat menjangkau daerah lain dengan mudahnya. Di wilayah regional, peranan jaringan transportasi sangat penting. Selain sebagai fasilitas pendorong (supply & demand) dalam meningkatkan kemajuan suatu wilayah, juga sebagai ukuran tingkat keberhasilan ekonomi wilayah. Permasalahannya, bagaimana hubungan jaringan transportasi tersebut, yaitu berupa tingkat aksesibilitas jalan dengan PDRB kota/kabupaten suatu wilayah. Jawa Timur dipilih sebagai lokasi wilayah studi. Untuk melakukan analisa diatas, diperlukan data peta jaringan jalan dan data PDRB tiap kota/kabupaten. Dilanjutkan dengan analisa grafik jaringan dan matrik jarak tempuh terpendek menghasilkan angka keterkaitan seluruh jaringan jalan. Angka keterkaitan setiap kota/kabupaten dicari rataratanya, kemudian dapat ditentukan urutan tingkat aksesibilitas masing-masing. Analisa akhir dalam menentukan hubungan diatas dapat menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisa, koefisien regresi hubungan angka keterkaitan dengan PDRB sebesar 0,237. Angka tersebut berarti kecilnya korelasi hubungan antar kedua variabel tersebut. Beberapa faktor dapat menjelaskan hal tersebut diatas, seperti: pengaruh PDRB yang besar selain akibat aksesibilitas wilayah, juga karena adanya potensi wisata, adanya pertambangan,memiliki aksesibilitas jaringan transportasi laut, udara. ================================================================================ Rural poverty is area which has lower income than other neighborhood, so to overcome this problem, it is required increasing the facility of transportation network, so it could reach another place easily. In the regional scope, transportation network is high priority. Besides, it has a role as promoting facility (supply and demand) to accelerate development of neighborhood, it also be a measurement of economic succession. The problem is, how the relationship between road accessibility level and high/low income in neighborhood. East Java is chosen as a study location. To analyze the problem on above, it is needed road network map data and Gross Domestic Product (GDP) in each city/district. And it’s continued by network graph and shortest path problem matrix and finally connectivity index is resulted. Then, the average of connectivity index in each city/district is looked for, and it could be found the sequence of accessibility level. Last calculation could be used regression analyzing. Based on analyzing result, correlation between connectivity index and neighborhood income (GDP) using regression coefficient is 0.23. It means there is a weak linear relationship between both of variable. The reason why that thing happened is: there is other influence that caused of road accessibility level except income including neighborhood nature potential, mining potential income, and accessibility comes not from the pavement road, like seaways, airways, or railways.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 519.536 Alg p
Uncontrolled Keywords: Tingkat Aksesibilitas Jalan; PDRB; Matriks Lintasan Terpendek; Node; Angka Keterkaitan; Road Accessibility Level; Gross Domestic Product; Shortest Path Matrix; Node; Connectivity Index
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.217 Geospatial data
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (D4) Diploma 4
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:59
Last Modified: 26 Dec 2018 03:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41589

Actions (login required)

View Item View Item