Pengaruh Desain Interior Terhadap Ketertarikan Pemakai Dalam Memilih Budget Hotel Di Surabaya

Mahendra, Kadek Adhyaksa Satya (2016) Pengaruh Desain Interior Terhadap Ketertarikan Pemakai Dalam Memilih Budget Hotel Di Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3214208005-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
3214208005-Master-Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persaingan budget hotel di Surabaya saat ini semakin meningkat. Hal ini
disebabkan oleh penurunan tingkat okupansi budget hotel di Surabaya. Dalam
suatu persaingan bisnis yang ketat, diperlukan suatu diferensiasi yang mampu
menarik minat konsumen. Desain interior merupakan salah satu hasil produk hotel
yang dapat dimanfaatkan sebagai pembentuk diferensiasi terhadap hotel pesaing.
Namun, saat ini belum ada identifikasi mengenai pengaruh dari desain interior
hotel terhadap keputusan konsumen dalam memilih budget hotel.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara desain
interior terhadap keputusan konsumen dalam memilih budget hotel di Surabaya,
serta pemanfatannya dalam pemasaran hotel. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dan melalui dua tahap analisa, yaitu analisa korelasi Pearson dan
analisa SWOT. Melalui analisa korelasi Pearson, dicari hubungan antara variabel
desain interior dengan variabel perilaku konsumen. Analisa SWOT digunakan
dalam menyusun strategi pemasaran hotel berdasarkan preferensi pemakai hotel.
Berdasarkan hasil analisa, dapat diketahui bahwa style modern-etnik
merupakan style interior yang paling diminati oleh responden. Aspek utama yang
mempengaruhi preferensi responden dalam memilih budget hotel adalah fasilitas
hotel dan pengalaman terdahulu. Dapat diketahui juga bahwa desain interior
memiliki pengaruh terhadap ketertarikan konsumen, namun tidak sebesar atribut
produk dan pengalaman terdahulu. Responden cenderung mengutamakan
pencarian informasi dan alternatif pilihan hotel dalam keputusan pemilihan
budget hotel. Analisa juga menghasilkan tiga strategi utama yang dapat diterapkan
dalam pemasaran budget hotel, yaitu menciptakan diferensiasi produk dengan
memanfaatkan desain interior sebagai penarik minat konsumen, menerapkan style
interior yang diminati konsumen pada budget hotel, serta memanfaatkan situs
pencarian hotel sebagai alat pemasaran budget hotel.

=====================================================================================

The competition between “budget hotels” in Surabaya is increasing. The
main cause of this competition comes from the declining of occupancy rate in this
city. In such a tight bisnis competition, the hotels need a uniqueness and
differentiation to meet the consumer’s expectation. The interior design is one of
the hotel’s products that can be used to differentiate the hotel from its competitors.
Therefore, there was no any significan research about the influence of design
interior to the consumer’s decision in choosing the “budget hotel” yet.
This research aims to identify the influence of interior design to the
consumer’s decision in choosing the budget hotel. This research uses the
quantitative methods to obtain the research objectives. This research will use
survey, questionnaire, and interview to obtain data, and analyse it with Pearson
correlational analysis method. Through these methods, researcher will look for the
relation between the variable of interior design and the variable of consumer’s
behavior in choosing the budget hotel. The strategy of hotel marketing uses
SWOT Analysis based on the consumer’s preferences.
The analysis of this research shows that “ethnic-modern” style is the most
preferable interior design according to the hotel’s users. The main aspect that
influences the respondent’s preference in choosing the budget hotel is the hotel’s
facility and their past experience in using that hotel. Respondents tend to rely on
information assistance and alternative option in deciding their choice. Another
finding in this research also asserts three main strategies in the marketing of
“budget hotel”: (1). Creating product differentiation through the use of interior
design to attract the consumer, (2). Using the “ethnic-modern” interior style, and
(3). Utilizing the online hotel website to promote the “budget hotel”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA 728.5 Mah p
Uncontrolled Keywords: Budget hotel; desain interior; preferensi pemakai; pemasaran hotel; interior design; user preferences; hotel marketing
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 12 Jun 2017 05:11
Last Modified: 27 Dec 2018 02:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41596

Actions (login required)

View Item View Item