Analisis Prediksi Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Pendekatan Hdm-4 Untuk Penanganan Jalan (Studi Kasus : Ruas Jalan Nasional Bts. Kota Gresik-Sadang)

Hutauruk, Andi Gumonggom (2015) Analisis Prediksi Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Pendekatan Hdm-4 Untuk Penanganan Jalan (Studi Kasus : Ruas Jalan Nasional Bts. Kota Gresik-Sadang). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112207801-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kondisi perkerasan jalan akan mengalami penurunan tingkat pelayanan seiring dengan berjalannya waktu. Menurunnya tingkat pelayanan jalan ditandai dengan timbulnya kerusakan pada struktur lapisan perkerasan jalan dan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka akan dapat memperburuk kondisi lapisan perkerasan sehingga dapat mempengaruhi keamanan, kenyamanan, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Untuk mempertahankan kondisi jalan perlu dilakukan program pemeliharaan dan rehabilitasi jalan. Namun program pemeliharaan dan rehabilitasi kerusakan jalan selama ini belum efektif terutama dari segi penentuan waktu dan biaya program penanganan jalan karena belum memperkirakan kinerja kondisi perkerasan jalan dimasa yang akan datang, sehingga diperlukan analisa mengenai kinerja jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh beban lalu lintas, struktur perkerasan dan CBR terhadap nilai IRI jalan dan memperkirakan kondisi perkerasan jalan pada 10 tahun mendatang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah beban lalu lintas, CBR, curah hujan dan struktur perkerasan jalan. Analisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode Highway Development and Management 4 (HDM-4) untuk memprediksi kondisi jalan. Pengumpulan data dilakukan dengan survei kerusakan jalan dengan metode Road Condition Index (RCI) dan International Roughness Index (IRI) sebagai data awal. Penelitian ini akan diterapkan pada data yang dikumpulkan dari jaringan jalan nasional di provinsi Jawa Timur, khususnya ruas jalan nasional Bts. Kota Gresik – Sadang. Untuk mempermudah analisa, ruas jalan dibagi kedalam 10 segmen dengan panjang tiap segmen 1 km mulai dari Km 44 s/d Km 53. Hasil analisa data menunjukkan bahwa peningkatan beban lalu lintas sebesar 31% akan menghasilkan peningkatan nilai IRI sebesar 0,061 m/km per tahunnya, perbedaan nilai structural number sebesar 11,32 % menghasilkan kenaikan IRI sebesar 0,034 m/km per tahunnya, sedangkan perbedaan CBR sebesar 38 % menghasilkan kenaikan nilai IRI sebesar 0,017 m/km pertahunnya. Hasil prediksi kondisi perkerasan jalan pada segmen Km 44, 52 dan 53 adalah kondisi jalan rusak ringan, untuk segmen Km 45, 46, 47, 48, 49, 50 dan 51 kondisi jalan sedang dengan rata-rata prosentase penyimpangan (error) kurang dari 5%. =============================================================================================== Pavement conditions will decrease the level of service over time. The reduced level of service is characterized by the occurrence of damage to the structure of the road pavement layers and if left in a long period of time then it can worsen the condition of the pavement layers that can affect the safety, comfort, and fluency in traffic. To maintain the condition of the road is necessary road maintenance and rehabilitation programs. However, maintenance and rehabilitation program of road damage has not been effective, especially in terms of timing and cost management program because it has not predict performance road pavement conditions in the future, so it requires an analysis of the performance of the road. The purpose of this study was to analyze the influence of the traffic load, pavement structure and CBR to estimate the value of IRI road and pavement conditions in the next 10 years. The data used in this study are the traffic load, CBR, rainfall and road pavement structure. Analyzes were performed using the approach method Highway Development and Management 4 (HDM-4) to predict the condition of the road. Data collected by surveying the damage with the method Road Condition Index (RCI) and the International Roughness Index (IRI) as initial data. This research will be applied to the data collected from the national road network in the province of East Java, in particular the national road Bts. Gresik - Sadang. To simplify the analysis, the road is divided into 10 segments with each segment length of 1 km from the Km 44 up to Km 53. The results of the data analysis showed that the increase in traffic load by 31% would result in an increase in the value of IRI of 0,061 m / km per year, number of structural differences in the value of 11,32% yield increase in IRI of 0,034 m / km per year, while the difference in CBR of 38 % yield increase in IRI value of 0,017 m / km per year. The results predicted pavement conditions on the segment Km 44, 52 and 53 are poor, for segments Km 45, 46, 47, 48, 49, 50 and 51 are comparatively good were the average percentage deviation (error) is less than 5 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 625.7 Hut a
Uncontrolled Keywords: Kondisi perkerasan jalan, RCI, HDM-4, IRI, ruas jalan nasional Bts. Kota Gresik – Sadang
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ217.6 Predictive Control
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 13 Jun 2017 02:57
Last Modified: 13 Jun 2017 02:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41616

Actions (login required)

View Item View Item