Analisa Penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement (Rap) Sebagai Bahan Campuran Aspal Dingin Jenis Ogems Dengan Menggunakan Aspal Emulsi Modifikasi (Studi Kasus Material RAP Jalan Kolonel H. Burlian-Palembang)

Juharni, Rudi (2015) Analisa Penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement (Rap) Sebagai Bahan Campuran Aspal Dingin Jenis Ogems Dengan Menggunakan Aspal Emulsi Modifikasi (Studi Kasus Material RAP Jalan Kolonel H. Burlian-Palembang). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112207805-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
3112207805-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Potensi Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) hasil Cold Milling Machine
untuk penanganan jalan nasional di Propinsi Sumatera Selatan cukup besar,
namun penggunaan kembali RAP ini masih sangat kecil. Adanya tuntutan
peningkatan kualitas campuran akibat peningkatan beban lalu lintas serta
pengaruh iklim dan cuaca menyebabkan penggunaan aspal modifikasi merupakan
suatu alternatif untuk meningkatkan keandalan struktur jalan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kemungkinan penggunaan RAP dalam perkerasan
campuran aspal dingin jenis Open Graded Emulsion Mixtures (OGEMs) yang
menggunakan bahan pengikat aspal emulsi modifikasi jenis CSS-1h modif.
Penelitian ini diawali dengan meneliti karakteristik RAP dan material baru
ditinjau dari Spesifikasi Bina Marga. Dilanjutkan dengan membuat campuran
beraspal dingin jenis OGEMs menggunakan aspal emulsi modifikasi, agregat
baru, dan RAP. Prosentase penambahan agregat baru pada pengujian ini akan
sangat tergantung dari gradasi RAP. Komposisi campuran harus memenuhi
amplop gradasi agregat. Campuran tersebut kemudian diuji dengan pengujian
Marshall untuk menentukan komposisi yang memenuhi ketentuan Spesifikasi
Bina Marga. Penambahan maupun pengurangan prosentase RAP akan melihat
hasil dari pemeriksaan sifat-sifat fisik campuran pada komposisi campuran
pertama. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat diaplikasikan di lapangan
untuk kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan, pelapisan kembali jalan dengan
volume lalu lintas rendah, serta bahu jalan. Material RAP yang digunakan pada
penelitian ini berasal dari Jl. Kolonel Haji Burlian Palembang.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komposisi optimal campuran
yang memenuhi spesifikasi umum Bina Marga adalah 20% RAP Jl. Kol. H.
Burlian Palembang dan 80% material baru dengan kadar aspal optimum dalam
campuran 4,4%, dimana kadar aspal dalam campuran terdiri atas 0,85 % bitumen
RAP dan 3,55 % aspal residu yang didapatkan dari penambahan 6,2 % aspal
emulsi modifikasi. Penggunaan komposisi tersebut mengakibatkan adanya
penghematan biaya produksi sebesar 13,02% dibandingkan campuran aspal dingin
tanpa RAP.
===============================================================================================
Potential of Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) Cold Milling Machine
results for handling the national road in South Sumatera Province is quite large,
but the reuse of this RAP is still very little. The existence demand of increasing of
mixed quality due to the progressive increase in the traffic load as well as the
influence of climate and weather cause the use of modified bitumen is an
alternative for boost reliability of the structure. This study aims to determine the
possible use of RAP in a cold mix asphalt pavement type Open Graded Emulsion
Mixtures (OGEMs) which use a modified emulsion asphalt binder types CSS-1h
modif.
This Study begins by examining the characteristic of RAP and new
materials in terms of Bina Marga Specifications. Followed by making cold
asphalt mixture type OGEMs using asphalt emulsion modifications, new
aggregate and RAP. Addition of new aggregate percentage on this test will be
very depend on the RAP gradation. The composition of the mixture must meet the
aggregate gradation envelope. The mixture was then test by Marshall test to
determine the composition that meets the Bina Marga Spesification requirements.
Addition or reduction in the percentage of RAP will see the result of the
examination of the physical properties of the mixture to the first mixture
composition. It is expected that the result of this research can be applied in the
field for the maintenance and repair of roads, resurfacing roads with low traffic
volumes, as well as shoulder of the road. RAP material used in this study came
from Kolonel H. Burlian road Palembang.
The results of the study showed that the optimal composition of the
mixture that meets the Spesifications of General Highway is 20% RAP Jl. Kol. H.
Burlian Palembang and 80% new material with optimum asphalt content in the
mixture is 4,4%, where the asphalt content in the mixture consisting of 0,85%
RAP bitumen and 3,55% asphalt residue that obtained from addition of 6,2%
modified asphalt emulsion. The use of such compositions result saving of 13,02%
in cost production compared to the cold asphalt mixture without RAP.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 625.25 Juh a
Uncontrolled Keywords: Jl. Kolonel H. Burlian-Palembang , RAP, Open Graded Emulsion Mixtures (OGEMs), aspal emulsi modifikasi, Spesifikasi Bina Marga
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.9 Composite materials. Laminated materials.
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:20
Last Modified: 24 Aug 2018 03:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41620

Actions (login required)

View Item View Item