Sularti, Whinda Ari (2015) Desain Self-Propelled Coal Barge Sebagai Sarana Angkutan Batubara Rute Tanah Merah (Kalimantan)-PLTU Paiton (Jawa). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4107100076-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Saat ini dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat dan industri akan listrik,
maka semakin tinggi pula kebutuhan akan transportasi laut sebagai sarana pengangkut
batubara untuk memenuhi kebutuhan PLTU. Dalam proses pengangkutannya perusahaan
supplier batubara menggunakan Bulk Carrier dan beberapa Tug and Barge. Untuk
pemenuhan kebutuhan pasokan batubara tersebut diperlukan sarana transportasi lain yang
memungkinkan untuk tetap berlayar meskipun dalam keadaan cuaca buruk. Tugas Akhir ini
bertujuan untuk membuat desain SPB pengangkut batubara dengan kapasitas muat 10.000 ton
yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk pengangkut batubara dari pulau Kalimantan ke
pulau Jawa.
Perancangan kapal ini diawali dengan menentukan owner requirement dengan
mengumpulkan data yang diperluka. Dari owner requirement tersebut selanjutnya dilakukan
perhitungan dan optimasi dengan menggunakan Solver dan biaya minimum pembangunan
kapal (building cost) sebagai objective function dari optimisasi tersebut. Dari optimasi
tersebut didapatkan ukuran SPCB yang optimal dan memenuhi peraturan yang berlaku
dengan panjang (Lpp) = 100,47 m, lebar (B) = 25,9 m, tinggi (H) = 7,38 m, sarat(T) = 5,45 m
dan harga kapal sebesar $ 10.403.439,14. Dari data-data tersebut kemudian dibuat rencana
garis dan rencana umum.
========================================================================================
Nowadays, industries and societies demand of electricity are increasing, that makes
sea transportation demand for coal transport is also increasing to meet the needs of power
plant. Bulk carriers and tugs or barges are used to transport coal from supplier to power plant.
To meet the needs of coal supply needed another means of transportation that allows to keep
sailing in spite of bad weather. The objective of the final project is to design self-propelled
barge (SPB) as a means of coal transport with loading capacity of 10.000 ton as an alternative
to transport coal from Kalimantan to Java.
The design begins with determining ship owner requirement by collecting necessery
data. Then, performed calculation and optimization using Solver with minimum cost of ship
building as the objective function. Optimization results are optimal dimensions of Self-
Propelled Container Barge (SPCB) and meet the regulations apply. The main dimensions of
SPCB are as follows: length (Lpp) = 100,47 m; width (B) = 25,9 m; height (H) = 7,38 m;
Draft (T) = 5,45 m; and the cost of ship construction is $ 10.403.439,14. At last, lines plan
and general arrangement are made.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.829 Sul d |
Uncontrolled Keywords: | batubara; desain; kapal; optimasi; self-propelled coal barge; SPCB; coal; design; ship; optimation |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Anis Wulandari |
Date Deposited: | 13 Jun 2017 07:29 |
Last Modified: | 13 Jun 2017 07:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41639 |
Actions (login required)
View Item |