Desain Self-Propelled Coal Barge Sebagai Sarana Angkutan Batubara Rute Tanah Merah (Kalimantan)-PLTU Paiton (Jawa)

Sularti, Whinda Ari (2015) Desain Self-Propelled Coal Barge Sebagai Sarana Angkutan Batubara Rute Tanah Merah (Kalimantan)-PLTU Paiton (Jawa). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4107100076-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat dan industri akan listrik, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan transportasi laut sebagai sarana pengangkut batubara untuk memenuhi kebutuhan PLTU. Dalam proses pengangkutannya perusahaan supplier batubara menggunakan Bulk Carrier dan beberapa Tug and Barge. Untuk pemenuhan kebutuhan pasokan batubara tersebut diperlukan sarana transportasi lain yang memungkinkan untuk tetap berlayar meskipun dalam keadaan cuaca buruk. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat desain SPB pengangkut batubara dengan kapasitas muat 10.000 ton yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk pengangkut batubara dari pulau Kalimantan ke pulau Jawa. Perancangan kapal ini diawali dengan menentukan owner requirement dengan mengumpulkan data yang diperluka. Dari owner requirement tersebut selanjutnya dilakukan perhitungan dan optimasi dengan menggunakan Solver dan biaya minimum pembangunan kapal (building cost) sebagai objective function dari optimisasi tersebut. Dari optimasi tersebut didapatkan ukuran SPCB yang optimal dan memenuhi peraturan yang berlaku dengan panjang (Lpp) = 100,47 m, lebar (B) = 25,9 m, tinggi (H) = 7,38 m, sarat(T) = 5,45 m dan harga kapal sebesar $ 10.403.439,14. Dari data-data tersebut kemudian dibuat rencana garis dan rencana umum. ======================================================================================== Nowadays, industries and societies demand of electricity are increasing, that makes sea transportation demand for coal transport is also increasing to meet the needs of power plant. Bulk carriers and tugs or barges are used to transport coal from supplier to power plant. To meet the needs of coal supply needed another means of transportation that allows to keep sailing in spite of bad weather. The objective of the final project is to design self-propelled barge (SPB) as a means of coal transport with loading capacity of 10.000 ton as an alternative to transport coal from Kalimantan to Java. The design begins with determining ship owner requirement by collecting necessery data. Then, performed calculation and optimization using Solver with minimum cost of ship building as the objective function. Optimization results are optimal dimensions of Self- Propelled Container Barge (SPCB) and meet the regulations apply. The main dimensions of SPCB are as follows: length (Lpp) = 100,47 m; width (B) = 25,9 m; height (H) = 7,38 m; Draft (T) = 5,45 m; and the cost of ship construction is $ 10.403.439,14. At last, lines plan and general arrangement are made.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.829 Sul d
Uncontrolled Keywords: batubara; desain; kapal; optimasi; self-propelled coal barge; SPCB; coal; design; ship; optimation
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 13 Jun 2017 07:29
Last Modified: 13 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41639

Actions (login required)

View Item View Item