Analisis Operabilitas Alur Pelayaran Dengan Pendekatan Simulasi Diskrit Studi Kasus : Alur Pelayaran Barat Surabaya

Muhammad, Rizqi S (2016) Analisis Operabilitas Alur Pelayaran Dengan Pendekatan Simulasi Diskrit Studi Kasus : Alur Pelayaran Barat Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4108100008-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4108100008-Undergraduate-Theses.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasana serta kondisi geografis alam yang tidak mendukung di pelabuhan
memungkinkan adanya penurunan pelayanan kinerja pelabuhan sehingga pelayanan yang
diberikan tidak maksimal. Kondisi seperti ini akan menimbulkan masalah yaitu semakin tingginya
waktu tunggu kapal (waiting time) di pelabuhan terutama pada kondisi sibuk. Saat ini APBS
mampu di lalui oleh kapal-kapal berukuran besar dengan catatan kapal-kapal tersebut tidak dalam
kondisi muatan penuh (full draft), berlayar melalui APBS pada kondisi air laut pasang, serta tidak
sedang berpapasan dengan kapal-kapal besar lainnya. Bila kapal berpapasan dengan kapal-kapal
berukuran besar lainnya, maka kemungkinan bisa terjadi kandas atau bertabrakan di karenakan
alur yang sempit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kondisi alur terhadap waktu
tunggu kapal dalam mendapatkan pelayanan untuk masuk pelabuhan dan keluar meninggalkan
pelabuhan. Penelitan ini dilakukan dengan mengunakan metode simulasi diskrit dengan tools
software ARENA. Hasil dari penelitian diperoleh dengan adanya pelebaran alur maka waiting time
kapal berkurang dan utilitas alur bertambah. Berdasarkan hasil penelitian dan simulasi yang
dilakukan maka rata-rata pengurangan waiting time lebih dari 50% yang menunjukan manfaat
yang signifikan

====================================================================================

The limitations of infrastructure and natural geographical conditions that do not support in port
may cause the performance of port services so that the service provided is not maximal. Such
conditions would pose a problem that is increasing ship waiting time at the port, especially in busy
conditions. Nowdays, Surabaya West Access Channel (SWAC) is able to be passed by a largesized
ships with condition the ships is not in full draft, sailed through the tides, and not being
passed by others large vessels. When the ship passed by the others large vessels, then it is probably
causes aground or colliding in because of the narrow channel. This study aims to look at the effect
of the flow conditions on the ship waiting time in getting services to enter the harbor and out to
leave the harbor. This research was conducted using the method of discrete simulation with
ARENA software tools. It is expected that with the channel widening is reduced the waiting time
and increases the utility vessels channel. Based on the results of research and simulations were
carried out then the average waiting time reduction of more than 50%, which showed a significant
benefit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 387.5 Muh a
Uncontrolled Keywords: Alur Pelayaran; Utilitas; Simulasi diskrit; Shipping Channel; utilities; discrete simulation
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 14 Jun 2017 01:41
Last Modified: 27 Dec 2018 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41642

Actions (login required)

View Item View Item