Pemetaan Sebaran Mutu Pendidikan Dasar Menggunakan Metode Self-Organizing Maps

Ahmad Mulia Ali, Basthoh (2015) Pemetaan Sebaran Mutu Pendidikan Dasar Menggunakan Metode Self-Organizing Maps. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2213206702-master_thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu program percepatan pembangunan oleh pemerintah adalah melakukan pemerataan dalam peningkatan mutu pendidikan disemua wilayah NKRI. Salah satu tahapan dalam melakukan program tersebut adalah dengan melakukan pemetaan mutu pendidikan melalui sekolah. Pemetaan mutu pendidikan melalui sekolah diharapkan bisa memberi gambaran kondisi dilapangan mutu pendidikan yang sebenarnya kepada penyelenggara pendidikan. Dengan adanya pemetaan mutu pendidikan diharapkan bisa menghasilkan evaluasi, kebijakan, dan rekomendasi, serta program perencanaan yang berguna untuk peningkatan mutu pendidikan berikutnya. Saat ini pemetaan masih menggunakan cara konvensional. Sehingga diperlukan metode yang dapat mengolah data untuk melakukan pemetaan secara cepat, efektif dan efisien. Pada penelitian ini mencoba menggunakan metode clustering Self-Organizing Maps (SOM) untuk melakukan pengelompokan dan pemetaan dengan mengolah data nilai mutu sekolah berdasarkan enam Standar Nasional Pendidikan. Data penilaian yang digunakan adalah nilai standar kompetensi lulusan, nilai standar isi, nilai standar proses, nilai standar penilaian, nilai standar pendidik dan tenaga kependidikan, dan nilai standar pengelolaan. Proses pemetaan diawali dengan penormalan data, kemudian data tersebut dijadikan sebagai input pada metode yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara rata-rata mutu pendidikan sekolah dasar ada di kategori sangat diharapkan Standar Nasional Pendidikan karena dari 6 pengelompokan 5 pengelompokan unggul di kategori mutu yang sangat diharapkan Standar Nasional Pendidikan. Sedangkan mutu pendidikan kategori mutu memenui Standar Nasional Pendidikan ada di parameter Standar Kompetensi Lulusan. Dari hasil pengujian analisa clustering dengan menggunakan validitas Davies-Bouldin Index (DBI) diperoleh informasi bahwa clustering pada pengujian 6 variabel Standar Nasional Pendidikan sudah bagus. ================================================================================================================= One of the accelerated development program by the government is doing equalization in improving the quality of education in all the Homeland. One of the stages in the conduct of the program is to do with the quality of education through school mapping. Mapping the quality of education through the school is expected to give a picture of the actual field of education quality to education providers. With the mapping of the quality of education is expected to produce an evaluation, policies, and recommendations as well as useful for planning programs to improve the quality of education next. Currently still using conventional mapping. So, we need a method that can process data for mapping quickly, effectively and efficiently. In this study tried to use the clustering method Self-Organizing Maps (SOM) to perform grouping and mapping the data processing school quality score based on six National Education Standards. Assessment data used is the value of competency standards, the value of content standards, a standard process value, the default value assessment, the default value of educators and education personnel, and value management standards. The mapping process begins with normalization of the data, then the data is used as input to the method used. The results of this study showed that the average quality of primary school education in the category is expected because of the National Standards 6 5 grouping grouping excel in the category of quality that is expected of National Education Standards. While the quality of education quality category memenui National Education Standards in parameter Competency Standards. From the test results of clustering analysis using the Davies-Bouldin validity Index (DBI) obtained information that clustering on 6 test variable National Education Standards are good.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 621.367 8 Bas p
Uncontrolled Keywords: mapping of education, school quality, School Self-Evaluation, unsupervised neural networks, self-organizing maps.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:23
Last Modified: 15 Jun 2017 02:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41649

Actions (login required)

View Item View Item