Apriliani, Dini (2016) Pricing Pada Dual Channel Supply Chain Untuk Produk Perishable (Studi Kasus: Raja Duren). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2512100046-Undergraduate-Theses.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Semakin pesatnya pertumbuhan e-commerce mendorong para pelaku
bisnis untuk melakukan ekspansi terhadap bisnisnya. Salah satu bentuk ekspansi
bisnis tersebut dengan menambah fasilitas dalam proses pemenuhan permintaan
pelanggannya. Selain melakukan transaksi secara konvensional (offline channel)
para pelaku bisnis juga mulai memanfaatkan internet dengan membuka online
channel dalam penjualan produknya. Penambahan online channel dalam suatu
bisnis dapat menambah fleksibilitas supply chain dalam proses pemenuhan
demand. Konsep tersebut kemudian dikenal sebagai Dual Channel Supply Chain
(DCSC). Perkembangan e-commerce juga dimanfaatkan para pelaku industri
makanan dan minuman yang belakangan ini sedang berkembang pesat. Industri
makanan dan minuman memiliki krakteristik produk yang perishable, yaitu
terdegradsi kualitasnya seiring bertambahnya waktu. Untuk itulah diperlukan suatu
strategi penentuan harga yang dinamis dengan mempertimbangkan karakter
perishbale pada produk dan kondisi dual channel yang diterapkan. Pada penelitian
kali ini akan dikembangkan model matematis mengenai demand pada kedua
channel untuk produk perishable dan juga fungsi profitnya. Di dalam model
tersebut dipertimbangkan tingkat preferensi konsumen dalam memilih online
channel dan elastisitas penurunan kulaitas terhadap demand. Kemudian akan
dilakukan optimasi fungsi profit dengan menggunakan MATLAB untuk
mendapatkan harga yang optimum bagi kedua channel. Hasil dari percobaan
numerik yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dengan proposed
model perusahaan dapat memperoleh financial performace yang lebih baik apabila
dibandingkan dengan kondisi eksisting.
===================================================================================
The promising growth of e-commerce pushes companies to expand their
business. One of their expanding efforts is to provide one more channel for demand
fulfillment. Beside doing conventional transaction activities through offline
channel, companies start to use internet and develop new channel (online channel)
for demand fulfillment. Adding online channel increases the flexibility of
companies’ supply chain. The concept is known as Dual Channel Supply Chain.
The growth of e-commerce also become a consideration for food and beverage
industry to add online channel into its business transaction activities. The products
of food and beverage industries are perishable and the products’ quality will be
decreased continously until the point where they are unfit for sale and consumption.
Therefor, a dinamic pricing strategy which consider the characteristic of perishable
product and dual channel supply chain are needed. In this reasearch, mathematic
demand and gain models for perishable products in offline and online channel will
be developed. In these models customer’s prefrence of online channel and quality
elasticity of demand will be considered. Then the optimization process will be done
by using MATLAB to obtain optimum price for offline and online channel. The
results of the numerical experiment in this research shows that by using proposed
model company will get a better financial performance compared with its existing
condition.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSI 658.155 4 Apr p |
Uncontrolled Keywords: | dual-channel supply chain; perishable product; strategi penetapan harga dinamis; non-linear programming; dinamic pricing strategy |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Anis Wulandari |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 05:16 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 03:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41659 |
Actions (login required)
View Item |