Analisa Teknis Dan Ekonomis Pengembangan Galangan Kapal Untuk Konversi Kapal Tanker Menjadi Fpso Atau Fso

Virliantarto, Noor (2015) Analisa Teknis Dan Ekonomis Pengembangan Galangan Kapal Untuk Konversi Kapal Tanker Menjadi Fpso Atau Fso. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4109100036-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan kapal untuk mendukung kegiatan operasi pengeboran minyak lepas pantai kian meningkat karena kondisi field pengeboran minyak di darat semakin sedikit. Kebutuhan kapal tersebut diantaranya FPSO dan FSO. 70% pembangunan kapal FPSO dan FSO di dunia dibuat dengan mengkonversi kapal tanker. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menganalisa secara teknis dan ekonomis pengembangan galangan kapal untuk konversi tanker menjadi FPSO atau FSO. Pertama, dilakukan analisa peluang pasar untuk konversi tanker menjadi FPSO atau FSO. Kedua, dilakukan analisa pada aspek teknis untuk menentukan fasilitas yang dibutuhkan pada galangan kapal untuk konversi kapal tanker menjadi FPSO atau FSO. Ketiga, dilakukan analisa pada aspek ekonomis untuk mengukur kelayakan pengembangan galangan kapal. Berdasarkan analisa pasar yang dilakukan, ditentukan kapasitas maksimal kapal tanker yang akan dikonversi di galangan kapal adalah kapasitas 180.000 DWT. Untuk dapat menunjang proses konversi tanker berkapasitas 180.000 DWT menjadi FPSO atau FSO diperlukan fasilitas yang memenuhi beban kerja konversi diantaranya gudang penyimpanan material, bengkel fabrikasi, bengkel sub assembly, bengkel assembly, bengkel blasting dan cat, bengkel outfitting, graving dock, dermaga, dan berikut fasilitas mesin didalamnya. Pembangunan galangan kapal tersebut memerlukan biaya investasi sebesar 700 milyar rupiah dengan perkiraan Payback Period pada tahun ke-10. =============================================================================================== The main objective of this final project is to analyze technical and economical aspect of the development of a shipyard for conversion from tanker to FPSO or FSO. Firstly, potential market for the conversion of tankers to FPSO or FSO was analyzed. Secondly, analysis of technical aspects to determine the necessary facilities for the shipyard was performed. Thirdly, the economical aspects and the feasibility of shipyard development was estimated. Based on the market analysis, the maximum capacity of tankers to be converted in the shipyard is 180,000 DWT tanker. To support the conversion process, the necessary facilities are steel stock yard, fabrication workshop, sub-assembly workshop, assembly workshop, blasting and paint shop, outfitting workshop, graving dock, and jetty. The shipyard development requires an investment cost about 700 billion rupiahs with an approximate of Payback Period (PP) in year 10.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.83 Vir a
Uncontrolled Keywords: FPSO, FSO, galangan kapal, konversi tanker
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 15 Jun 2017 01:58
Last Modified: 15 Jun 2017 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41669

Actions (login required)

View Item View Item