Analisa Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Jembatan THP Kenjeran Surabaya

Hutasoit, Eva Olivia (2016) Analisa Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Jembatan THP Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113106023-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
3113106023-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pembangunan proyek Jembatan THP Kenjeran
merupakan salah satu proyek konstruksi yang memiliki risiko
kecelakaan kerja yang tinggi sehingga diperlukan untuk
mengidentifikasi jenis-jenis kecelakaan kerja dan faktor-faktor
penyebab kecelakaan kerja yang mungkin terjadi serta aspekaspek
kesehatan dan keselamatan kerja yang diterapkan untuk
mengurangi resiko kecelakaan kerja pada proyek pembangunan
Jembatan THP Kenjeran, Surabaya.
Analisa risiko kecelakaan kerja tersebut dimulai dengan
survei pendahuluan serta survei utama berupa penyebaran
kuesioner kepada responden untuk mengatahui nilai serevity
(tingkat keparahan) dan probability (kemungkinan) bagi masingmasing
variabel agar diketahui risiko tertinggi. Kemudian
dianalisa dengan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk
mengetahui faktor penyebab risiko-risiko tersebut. Setelah
diidentifikasi dan dianalisa risiko-risiko tersebut maka dilakukan
langkah-langkah untuk mengetahui kombinasi basic event dengan
metode MOCUS (Method Obtain Cut Set. Kemudian selanjutnya
mengetahui aspek-aspek kesehatan dan keselamatan kerja yang
diterapkan untuk menangani dan mencegah terjadinya
kecelakaan kerja pada proyek tersebut.
Hasil analisa tugas akhir ini diketahui bahwa terdapat
20 variabel risiko pada proyek tersebut, 2 diantaranya
merupakan variabel risiko tertinggi yaitu terjatuh pada pekerjaan
elektrikal dan mekanikal dan tergores/tersayat (ujung besi
menonjol) pada pekerjaan pembesian (Pekerjaan kolom, hammer
head pada pengangkutan material) yang mungkin terjadi pada
proyek pembangunan Jembatan THP Kenjeran Surabaya.
Penyebab dasar kecelakaan adalah karena melamun, motivasi
yang kurang, kelelahan, kurang komunikasi dengan Pihak K3,
kurang pelatihan dengan Pihak K3, kurangnya pengawasan dari
pihak K3, tidak menggunakan pengaman, tidak mematuhi aturan,
tidak mengerti fungsi alat, angin, penerangan dan suhu yang
ekstrim. Oleh karena itu, penanganan dan pencegahan dilakukan
berdasarkan pengawasan pelaksanaan aktifitas pekerjaan,
pelatihan program K3, investigasi dan upaya pencegahan akibat
kerja (PAK), identifikasi dan penilaian potensi bahaya serta
risiko kerja, inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja rutin,
penanganan ijin kerja aman karyawan, tahapan alat pelindung
diri, dan rambu-rambu K3.

======================================================================================
In the construction of Kenjeran THP bridge project is one
of the construction projects that have a high risk of work
accidents so it is necessary to identify the types of work accidents
and the factors that cause accidents that may occur as well as
aspects of health and safety are applied to reduce the work
accident risks on kenjeran THP bridge project in Surabaya.
The analysis of work accident risks were begun with a
preliminary survey and main survey in the form of distributing
questionnaires to the respondents to know the severity and
probability value for each variable in order to know the highest
risk. Then analyzed by the method of Fault Tree Analysis (FTA)
to determine the cause of such risks. After identifying and
analyzing the risks then performed the steps to find a combination
of basic event with MOCUS method (Method Obtain Cut Set).
Then further acknowledge the aspects of health and safety were
applied to handle and prevent accidents on the project.
Analysis results of this thesis were obtained that there
were 20 risk variables on that project, two of them were the
highest risk variable, they were a fall in working of electrical and
mechanical and scratched / cut (protruding iron tip) in working
with irons (Working of column, hammer head in transporting
materials) which may occur in the bridge construction of THP
Kenjeran project Surabaya. Basic causes of accidents were due to
daydreaming, the lack of motivation, fatigue, lack of
communication with K3 Party, less training to K3 party, lack of
supervision of the K3, do not use protected tool, do not comply
with the rules, do not understand the function of the tool, wind,
extreme light and temperature. Therefore, treatment and
prevention were done by monitoring the implementation of work
activities, K3 training programs, investigation and prevention of
occupational (PAK), the identification and assessment of
potential hazards and work risks, safety inspections and routine
work health, handling of work permits secure employees, stages
of personal protective equipment, and K3 signs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.155 Hut a
Uncontrolled Keywords: Analisa Risiko; Jembatan; K3; Fault Tree Analysis (FTA); MOCUS (Method Obtain Cut Set); Risk Analysis; Bridge
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:04
Last Modified: 26 Dec 2018 08:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41680

Actions (login required)

View Item View Item