Sahri, Sofyan (2015) Analisa Pengaruh Line Heating terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro Baja ASTM A36 dengan Variasi Pendinginan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4110100032-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pada industri galangan kapal proses line heating digunakan untuk memperbaiki bentuk
lekukan material yang kurang sempurna atau melengkungkan material yang lurus sesuai
pedoman marking. Berdasarkan metode-metode yang telah diterapkan, permasalahannya terletak
pada proses pemanasan yang diakukan dapat mengakibatkan stuktur mikro pada material
menjadi getas dan kaku. Untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menganalisa
dampak apakah yang timbul dari pemanasan dan pendinginan yang dilakukan terhadap struktur
mikro pada material tersebut yang mungkin dapat mengurangi kemampuan sifat mekaniknya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemanasan line hating terhadap struktur
mikro dan sifat mekanik pada baja ASTM A36.
Metode pemanasan yang dilakukan mengacu pada pada IACS No. 47 tahun 1996
Shipbuilding and Repair Quality Standard dengan variasi pendinginan udara dan air. Untuk
variasi pendinginan udara menggunakan suhu ± 800oC sedangkan untuk variasi pendinginan air
menggunakan suhu ± 600oC. Untuk ketebalan material pengujian ialah 8 mm dan untuk
pemanasannya dilakukan 2 kali. Pengujian untuk meneliti pengaruh terhadap mechanical
properties menurut ASTM A370 adalah tensile test, impact test, hardness, dan microetch. Untuk
struktur mikro dianalisa melalui uji metalografi.
Hasil pengujian menunjukan bahwa perlakuan line heating dengan media pendinginan air
memberikan hasil yang lebih baik secara keseluruhan. Dimulai dari nilai tegangan maksimum
mengalami kenaikan sebesar 2.16% kemudian peningkatan energy absorb sebesar 18.30% dan
penurunan kekerasan sebesar 3.16%. Sedangkan variasi pendinginan udara mengalami
penurunan sebesar 7.83% kemudian peningkatan energy absorb sebesar 15.47% dan penurunan
kekerasan sebesar 9.22% dari material tanpa perlakuan panas, untuk ukuran butir perlakuan
panas dengan pendinginan air memiliki ukuran butir yang lebih besar diantara variasi lainnya.
Meskipun nilai yang didapat dari masing-masing variasi pendinginan tidak terlalu jauh dengan
material tanpa perlakuan pemanasan line heating.
===============================================================================================
In the shipbuilding industry line heating process used to repair the shape of the curve is
less than perfect material or material that is straight appropriate indent marking guidelines.
Based methods have been applied, the problem in the heating process is done can result in micro
structures in the material becomes brittle, to resolve the problem is to analyze whether the effects
of heating and cooling are done can change the microstructure of the material so as to reduce
the ability of mechanical properties. This study was conducted to determine the effect of heating
line hating on microstructure and mechanical properties of the steel ASTM A36.
Line heating methods that do refer to the IACS shipbuilding and repair quality standards
with a variety of air and water cooling. For air cooling using temperature variation ± 800oC
while for water cooling using temperature variation ± 600oC. For testing material’s thickness is
8 mm and for heating is done 2 times. Tests to examine the effect on the mechanical properties
according to ASTM A370 is the tensile test, impact test, hardness, and microetch. To
microstructure was analyzed through metallographic test.
The test results showed that treatment using water cooling give better results overall.
Starting from the maximum tensile strenght increased by 2.16% then increase absorb energy by
18.30% and a decrease in hardness at 3.16%. while the variation using air cooling decreased by
7.83% and then increase absorb energy by 15.47% and a decrease of 9.22% hardness of the
material without heat treatment, for the grain size heat treatment with cooling water has a larger
grain size among other variations. Although the values obtained from each of the various
cooling is not too far with the material without heat treatment line heating.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 671.36 Sah a |
Uncontrolled Keywords: | line heating, ASTM A36, variasi pendinginan, mechanical properties. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 03:20 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 06:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/41683 |
Actions (login required)
View Item |