Analisis Perbandingan Material Slab Beton Pada Perkerasan Apron Dengan Menggunakan Program Bantu Elemen Hingga

Warsito, Hendrawan Setyo (2016) Analisis Perbandingan Material Slab Beton Pada Perkerasan Apron Dengan Menggunakan Program Bantu Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3111100138-Undergraduate-Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kekuatan slab beton sangat dipengaruhi oleh jenis material yang dipakai. Jenis material yang dimaksud adalah material beton dengan menggunakan PC (Portland Cement) dan penggunaan geopolimer dalam komposisi campuran slab beton. Beton geopolimer merupakan beton yang ramah lingkungan. Permasalahan lain yang timbul adalah letak roda pesawat tidak selalu berada pada titik yang sama disuatu permukaan slab beton apron. Pada tugas akhir ini dimaksudkan untuk menganalisis suatu slab beton yang dibebani roda pesawat dengan campuran variasi material beton dan variasi letak roda pesawat pada slab beton dengan program bantu metode elemen hingga. Dengan data pergerakan pesawat, spesifikasi apron bandara Juanda kondisi eksisting. Dilakukan perhitungan tebal slab beton menggunakan software FAARFIELD dan diperoleh tebal slab beton sebesar 442,5 mm. Dari analisis program bantu elemen hingga dapat diperoleh tegangan pada slab beton yang ditimbulkan oleh pembebanan roda pesawat. Hasil validasi dari analisis tegangan menggunakan program bantu elemen hingga dengan analisis Westergaard yaitu memiliki nilai tegangan yang hampir sama pada ketebalan slab beton 450mm. Nilai tegangan tiap-tiap material beton menunjukan nilai tebal slab beton yang diijinkan untuk tipe pesawat tertentu. Dari analisis menggunakan program bantu elemen hingga tebal slab beton yang diijinkan untuk material slab beton PC yaitu sebesar 425mm. Sedangkan untuk material beton geopolimer yaitu sebesar 415 mm. ============================================================================== The strength of concrete slab is determined by the material composed, geopolymer concrete is a mixture of portland cement and geopolymer. This type of composition is regarded enviromently beneficial. The study is carried out by analyzing a concrete slab which is subjected to aircraft loads using the finite element method software.Using the air traffic data and the existing specification of apron juanda airport, the concrete slab thickness is calculated as 442,5 mm by FAARFIELD. From the software analysis the stress on the concrete slab can be determined. Validation of this analysis can be verivfied by the Westergaard analysis which has a similar value of stress for concrete thickness is 450 mm. Based on the value of stress in each concrete material the allowable thickness of at the concrete slab for each type of aircraft can be determined. This analysis gives an allowable thickness for concrete slab using Portland Cement and concrete geopolymer are 425 mm and 415 mm respectively.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.539 War a
Uncontrolled Keywords: Apron; Beton Geopolimer; Perkerasan Kaku; Program Bantu Elemen Hingga; Slab Beton; Westergaard; Geopolymer Concrete; Rigid Pavement; Finite Element method software; Slab Concrete
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:56
Last Modified: 27 Dec 2018 08:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41691

Actions (login required)

View Item View Item