Analisa Kinerja Antilock Braking Dan Lock Braking System Pada Kendaraan Sport Utility Vehicle

Fauzan, Jiyi Nur (2017) Analisa Kinerja Antilock Braking Dan Lock Braking System Pada Kendaraan Sport Utility Vehicle. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100066-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100066-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk menunjang aktivitas yang penuh mobilitas. Hal ini menjadikan pengguna kendaraan pribadi terus bertambah. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, teknologi otomotif disematkan haruslah mampu memenuhi tuntutan dari konsumen, oleh karena itu diperlukan peningkatan performa dari segala aspek seperti kenyamanan, keamanan, dan kestabilan. Sistem pengereman merupakan salah satu aspek penting dalam perancangan kendaraan yang berpengaruh besar terhadap keamanan juga kestabilan. Hal ini menuntut untuk dirancangnya sistem pengereman yang sesuai dan aman untuk mendukung kesempurnaan kendaraan itu sendiri. Saat ini, dalam rangka pemenuhan sistem pengereman yang aman maka banyak digunakan sistem pengereman antilock. Sistem pengereman antilock atau ABS adalah suatu sistem yang digunakan agar menjaga roda tidak terkunci ketika pengereman dilakukan.
Pada tugas akhir ini akan dilakukan analisa sistem pengereman pada Mobil Toyota Fortuner 4.0 V6 SR (AT 4x4) yang sudah menggunakan sistem pengereman antilock. Analisa yang akan dilakukan pada tugas akhir ini adalah melakukan pemodelan yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi dengan menggunakan software SIMULINK MATLAB. Penelitian dilakukan dengan variasi kecepatan yaitu 20 km/jam, 40 km/jam, dan 60 km/jam. Selain itu penelitian juga dilakukan dengan asumsi jalan aspal lurus dan datar dengan mobil berisi 2 orang
penumpang. Validasi pemodelan dilakukan dengan membandingkan hasil simulasi dengan hasil uji jalan kendaraan.
Dari analisa yang dilakukan didapatkan besaran jarak pengereman yang dibutuhkan oleh kendaraan dengan sistem pengereman ABS lebih pendek daripada sistem pengereman LBS pada tiap kecepatan pengujian. Selain itu juga dapat lama waktu pengereman yang dibutuhkan pada tiap variasi kecepatan pada kendaraan dengan sistem pengereman ABS lebih singkat daripada sistem pengereman LBS. Serta, didapatkan juga perlambatan pada kendaraan dengan sistem pengereman ABS lebih baik daripada sistem pengereman LBS
=========================================================
Transportation has been an important thing in daily life, especially to support activity with full of mobility. It hence the amount of private vehicle grown over the years. Along with those growth, technology in the vehicle also growth in improvement to fulfill costumer needs such as comfort, safety, and stability. A braking system is one of the most important aspect in a vehicle to make sure its safety. With that reason, the design of a braking system becomes important. Nowadays to improve the vehicle safety, manufacturer use an antilock braking system , a system that can make sure the wheel will not locked up.
In this final project, a case for Toyota Fortuner 4.0 V6 SR (AT 4x4) is conducted. The analysis is done using SIMULINK MATLAB software. In this project, the variable is vehicle’s speed which are 20 km/h, 40 km/h, and 60 km/h. The simulation assumed a smooth asphalt road with no gradient and the vehicle is having 2 passengers. For validation, a road experiment is conducted.
From the analysis, it conclude that a vehicle with antilock braking system has a shorter stopping distance compare to a vehicle with lock braking system. The ABS also has a shorter stopping time and better deceleration compare to LBS vehicle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengereman, antilock, jarak, waktu, perlambatan, braking system, antilock, stopping distance, time, decceleration
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - JIYI NUR FAUZAN
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:57
Last Modified: 05 Mar 2019 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41703

Actions (login required)

View Item View Item