Rancang Bangun Class Library untuk Implementasi Aturan Main dari Social Game Heart Meister untuk Perangkat Android dengan Menggunakan Unity

Mangowal, Remy Giovanny (2015) Rancang Bangun Class Library untuk Implementasi Aturan Main dari Social Game Heart Meister untuk Perangkat Android dengan Menggunakan Unity. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5110100177-Undergraduated Thesis.pdf]
Preview
Text
5110100177-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perangkat mobile sudah menjadi bagian keseharian sebagian
besar penduduk. Berbagai macam perangkat lunak pun bermunculan
untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, termasuk perangkat lunak
berbentuk permainan. Untuk mempermudah pengembangan permainan
pada perangkat mobile salah satu caranya adalah dengan
menggunakan class library dalam pengembangan permainan tersebut.
Class library dapat membantu penyeragaman modul-modul
yang berbeda sehingga dapat membantu pengimplementasian aturan
main dari permainan ke modul-modul yang berbeda. Class library diuji
dengan menggunakan pengujian fungsionalitas untuk menguji seluruh
fungsi yang ada.
Seluruh fungsi dapat dijalankan dengan baik, namun proses
integrasi modul web service dan sosial ke class library mengalami
kesulitan karena Unity mengharuskan beberapa komponen class library
tersambung dengan objek Unity. Hal ini membuat class library tidak
dapat dipisah menjadi independen dari Unity sehingga modul web
service dan sosial tidak dapat menggunakan class library dengan
sempurna. Modul epic battle dapat mengimplementasikan fitur transisi
dan aturan main pertarungan dari class library karena modul tersebut
juga berbasis Unity sehingga tidak mengharuskan pemisahan class
library.
===============================================================================================
Mobile device has become a part of the mass’ daily lives. A lot
of softwares appeared to use that chance, including game softwares. To
ease the development of games in mobile devices, one of the solution is
to use class library in the development of the game.
Class library can help to uniform the different modules, so it
can help the implementation of the main gameplay to the different
modules. Class library is tested with functionality testing to test all the
available functions.
All functions can be run smoothly, but the integration process
from the web service module and the social module experienced some
difficulties because Unity needs to have some class library components
attached to the Unity objects. This makes the class library inseparable
into an independent entity from Unity so that the web service module
and the social module cannot use the class library perfectly. The epic
battle module can implement the transition feature and the battle
gameplay from the class library because that module is also Unitybased,
hence needing no separation from the class library.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.432 Man r
Uncontrolled Keywords: Class Library, C#, Game, Social Game, Unity
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK6570_iPhone (Smartphone). RFID. Mobile communication systems.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:38
Last Modified: 24 Aug 2018 03:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41739

Actions (login required)

View Item View Item