Rancang Bangun Class Library untuk Implementasi Aturan Main dari Social Game Heart Meister untuk Perangkat Android dengan Menggunakan Unity

Mangowal, Remy Giovanny (2015) Rancang Bangun Class Library untuk Implementasi Aturan Main dari Social Game Heart Meister untuk Perangkat Android dengan Menggunakan Unity. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5110100177-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perangkat mobile sudah menjadi bagian keseharian sebagian besar penduduk. Berbagai macam perangkat lunak pun bermunculan untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, termasuk perangkat lunak berbentuk permainan. Untuk mempermudah pengembangan permainan pada perangkat mobile salah satu caranya adalah dengan menggunakan class library dalam pengembangan permainan tersebut. Class library dapat membantu penyeragaman modul-modul yang berbeda sehingga dapat membantu pengimplementasian aturan main dari permainan ke modul-modul yang berbeda. Class library diuji dengan menggunakan pengujian fungsionalitas untuk menguji seluruh fungsi yang ada. Seluruh fungsi dapat dijalankan dengan baik, namun proses integrasi modul web service dan sosial ke class library mengalami kesulitan karena Unity mengharuskan beberapa komponen class library tersambung dengan objek Unity. Hal ini membuat class library tidak dapat dipisah menjadi independen dari Unity sehingga modul web service dan sosial tidak dapat menggunakan class library dengan sempurna. Modul epic battle dapat mengimplementasikan fitur transisi dan aturan main pertarungan dari class library karena modul tersebut juga berbasis Unity sehingga tidak mengharuskan pemisahan class library. =============================================================================================== Mobile device has become a part of the mass’ daily lives. A lot of softwares appeared to use that chance, including game softwares. To ease the development of games in mobile devices, one of the solution is to use class library in the development of the game. Class library can help to uniform the different modules, so it can help the implementation of the main gameplay to the different modules. Class library is tested with functionality testing to test all the available functions. All functions can be run smoothly, but the integration process from the web service module and the social module experienced some difficulties because Unity needs to have some class library components attached to the Unity objects. This makes the class library inseparable into an independent entity from Unity so that the web service module and the social module cannot use the class library perfectly. The epic battle module can implement the transition feature and the battle gameplay from the class library because that module is also Unitybased, hence needing no separation from the class library.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.432 Man r
Uncontrolled Keywords: Class Library, C#, Game, Social Game, Unity
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK6570_iPhone (Smartphone)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:38
Last Modified: 19 Jun 2017 04:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41739

Actions (login required)

View Item View Item