Klasifikasi Siswa Tunarungu Untuk Materi Aritmatika Penjumlahan Sederhana Menggunakan Metode SVM Berbasis Data Sifteo

Fahayana, Ratih (2015) Klasifikasi Siswa Tunarungu Untuk Materi Aritmatika Penjumlahan Sederhana Menggunakan Metode SVM Berbasis Data Sifteo. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212205204-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
2212205204-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mengetahui tingkat kecerdasan siswa tunarungu perlu dilakukan sebelum
guru memberikan materi pelajaran, karena anak tunarungu sering memperlihatkan
keterlambatan dalam belajar, yang dipengaruhi oleh gangguan pendengara dan
tingkat kecerdasan. Dengan mengetahui tingkat kognitif siswa tunarungu
diharapkan dapat memberikan bantuan informasi bagi pengajar dalam
memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan kemampuan kognitif siswa
tunarungu.
Kognitif siswa dapat diketahui dengan cara tes mengunakan serious game
pada sifteo. Rekaman permainan pada sifteo kemudian yang akan dijadikan acuan
penilaian untuk melakukan klasifikasi tingkat kognitif siswa tunarungu.
Klasifikasi akan dilakukan dengan menggunakan metode Support Vector Machine
(SVM).
Dari hasil yang diperoleh dari klasifikasi menggunakan SVM diperoleh nilai
Accuracy atau ketepatan dalam melakukan klasifikasi secara baik dengan nilai
sebesar 82.3%. tingkat kognitif siswa tunarungu ada pada kelas rata-rata yang
mencapai 61.8 %, untuk tingkat kognitif anak tunarungu yang berada pada kelas
rendah sebesar 23.5%, tingkat kognitif anak tunarungu pada kelas tidak mampu
sebesar 8.8%, pada tingkat mampu sebesar 2.9%, begitu juga dengan tingkat
kognitif pada kelas cerdas yang sebanyak 2.9%. hal ini menunjukkan bahwa taraf
kemampuan siswa tertinggi berada pada tingkat rata-rata.
===============================================================================================
Recognize the intelligent level of deaf student need to be done before the
teacher give learning matter, because the deaf student almost show delay in
learning process. That is affected by listening capability disruption and
intelligent level. To recognize about deaf student cognitive level it is hoped can
give some additional information for teacher when they give learning matter
which appropriate with capability level of the deaf student.
Student cognitive can be known by giving them some examination using the
serious game on sifteo. Game record in sifteo then will be used as reference of
assessment for make classification to deaf student cognitive level. Classification
will be done by using Support Vector Machine (SVM) method.
the results obtained in the classification using SVM method is obtained
value of Sensitivity worth 0.94%, the highest average levels of cognitive
identification on deaf students are contained in class average which reached
61.8%, for the cognitive level of deaf children who are contained in class low is
amounted to 23.5%, the cognitive level of deaf children in class incapable is
amounted to 8.8%, the class capable detected by 2.9%, as well as the cognitive
level in the class smart detected as 2.9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 006.312 Fah k
Uncontrolled Keywords: klasifikasi, siswa tunarungu, sifteo, Support Vector Machine (SVM).
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Jun 2017 03:35
Last Modified: 24 Aug 2018 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/41819

Actions (login required)

View Item View Item